Pemilihan Kepala Pekon Serentak di Tanggamus April 2020

Tanggamus, Detak Media

Diruang kerjanya kamis 29/8/19. Kabag Tata Pemerintahan Pekon (Tapem) Wawan Harianto S.STP. MH.kepada Lintasmediacyber. com menjelaskan, Kepala Pekon definitip yang sudah habis masa jabatanya di tahun 2019 sebanyak 219 pekon, dan 1 pekon dibulan Janwari 2020, dan untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut, Bupati mengangkat Penjabat Kepala Pekon dari PNS di Kabupaten Tanggamus, yang masa jabatanya sampai dilantiknya kepala pekon definitip.

“Kepala Pekon definitip yang sudah habis masa jabatanya sesuai UU no 6 th 2014 tentang Desa, dan Perda Kab Tanggamus no 7 th 2019 perubahan dari Perda no 5 th 2015. tentang Tata Cara Pemilihan, Pengangkatan/Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Pekon, di isi oleh pj,” jelasnya.

Adapun biaya pelaksanaan Pilkakon Serentak se-Tanggamus sesuai UU no 6 th 2014 dan Permendagri no 65 th 2017 dan Perda Kab Tanggamus no 7 th 2019. Di bebankan pada APBD. Untuk Kabupaten Tanggamus di angaran di APBD murni tahun 2020. diangaran tersebut juga mengakomodir honor panitia pilkakon, semua calon kepala pekon tidak dimintai iuran untuk pelaksanaan pilkakon,kata wawan.

“Tahapan Pilkakon serentak dimulai dari tgl 30 Desember 2019. Dengan diawali pembentukan panitia Pilkakon oleh Badan Hippun Pemekonan(BHP) adapun pelaksanaan pemungutan suara sekitar tgl 15 April 2020, untuk calon maksimal 5 disetiap pekon, jika lebih akan melalui seleksi oleh panitia pilkakon, ” jelas wawan.

Adapun sarat-sarat peserta pilkakon diantaranya, Usia minimal 25 tahun, dan maksimal 58 tahun, pada saat mendaftar, dibuktikan dengan poto kopi akte kelahiran yang dilegalisir. Berpendidikan paling rendah Sekolah Menegah Pertama(SMP) / sederajat, yang dibuktikan dengan poto kopi ijazah yang dilegalisir dll.

Wawan berharap, dalam pelaksanaan pilkakon serentak, dari mulai tahapan pembentukan panitia sampai dengan terpilihnya Kepala Pekon, dapat berjalan baik, lancar sesuai dengan peraturan yang berlaku, sehinga dalam pelaksanaan pesta demokrasi ditingkat pekon ini benar-benar berjalan secara demokratis.

“Saya berharap pelaksanaan pilkakon nanti berjalan tertip, aman, dan kondusif dan melahirkan pemimpin-pemimpin ditingkat pekon yang bisa amanah, dapat memajukan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pekon. Untuk itu mari kita seluruh elemen masyarakat Tanggamus menjaga dan mengawal proses pelaksanaan pilkakon serentak ini, ” ucapnya.(Masri)

Loading