Parlemen

Pengambilan Sumpah Jabatan Pimpinan dan Satu Anggota DPRD Kabupaten Garut Periode 2019-2024

Garut, Detak Media.com

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Garut menyelenggarakan rapat paripurna masa sidang III Tahun 2019 dengan agenda pengambilan sumpah/janji pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Garut masa jabatan 2019-2024, Selasa (24/8/2019) bertempat di ruang rapat utama Gedung DPRD Jalan Patriot No 2 Kabupaten Garut .

Acara di hadiri Bupati dan Wakil Bupati Garut,Danrem 062 Tarumanegara,Forkompimda,
Pimpinan sementara dan anggota DPRD Kab.Garut, Sekretaris DPRD,KPUD Garut,Panwaslu Garut,para SKPD,Ormas/LSM,tokoh agama,tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya .

Berdasarkan surat keputusan Gubernur Jawa-Barat Nomor 17 0/Kep 275 2-PT KSM/2019 tentang Peresmian Pengangkatan Pimpinan DPRD Kabupaten Garut masa jabatan 2019-2024 tertanggal 19 September 2019 ,menetapkan Hj.Euis Ida Wartiah dari partai Golongan Karya(Golkar) sebagai ketua DPRD , Enan dari partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) sebagai wakil ketua DPRD,H.Agus Hamdani.GS,S. Pdi dari Partai Persatuan Pembangunan(PPP) sebagai wakil ketua, Rd.Muhammad Romli dari partai Persatuan Kebangkitan Bangsa(PKB) sebagai wakil ketua DPRD Kabupaten Garut .

Pengambilan sumpah janji pimpinan definitif DPRD Kab.Garut dilakukan oleh Kepala Pengadilan Negeri Garut,seusai pengucapan sumpah pelantikan dilanjutkan dengan penanda tanganan pimpinan DPRD Kabupaten Garut Hj.Euis Ida Wartiah dari Partai Golkar.

Menurut Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Garut, Hj.Euis Ida Wartiah kepada wartawan mengatakan, dirinya menyatakan berharap dukungan dari segenap Anggota DPRD, jajaran Eksekutif selaku mitra dan juga dari lembaga lainnya kepada pihak Eksekutif supaya hubungan kerja yang harmonis dan kondusif yang selama ini telah terjalin,
“hubungan ini hendaknya terus di pertahankan sehingga keberadaan DPRD sebagai mitra Pemerintah Kabupaten Garut kedepan dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik dalam koridor perundang-undangan yang berlaku ,” katanya.

Kendati demikian,selaku pimpinan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Euis Ida Wartiah mengajak para anggota DPRD periode lima tahun kedepan untuk bekerja keras,karena kita menghadapi situasi yang seperti ini mereka harus memiliki persiapan yang betul-betul matang,
“kami selaku dari wakil rakyat kabupaten garut berharap agar masyarakat garut mempercayakan kabupaten garut kepada para wakil rakyat yang telah dilantik tahun 2019 ini terkait dengan program untuk kabupaten Garut kedepan perhatikanlah kepada kami semua anggota DPRD Kabupaten Garut,” paparnya.

Setelah usai prosesi pengambilan sumpah jabatan dilaksanakan dengan lancar,
ke empat pimpinan DPRD Kab.Garut dilanjutkan pada sore harinya dengan rapat paripurna penetapan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) usai penetapan AKD,setiap komisi bisa langsung bekerja sesuai dengan bidangnya. Seperti yang terpadu di komisi III DPRD Garut langsung menggelar rapat penyusunan kegiatan kerja yang akan dilakukan dalam waktu dekat.

Sementara itu, Bupati Garut H.Rudy Gunawan mengucapkan selamat dan rasa syukurnya atas pelantikan pimpinan DPRD definitif dan satu anggota DPRD Kab.Garut H.Dadang Sudrajat (Demokrat) yang baru di lantik karena baru selesai menunaikan ibadah haji,untuk masa jabatan 2019-2024,
“kepada seluruh anggota DPRD sebagai wakil rakyat di harapkan pengambilan keputusan yang terkait dengan legislasi bisa secepatnya dilakukan bisa terwujud sinergi antara Eksekutif dan Legislatif,”
ujarnya.

Lanjut Bupati,menurutnya baru pertama kalinya ketua DPRD Garut di pimpin seorang wanita ini membuktikan di Kab.Garut persamaan gender baik pria atau wanita bisa jadi seorang pemimpin.Terkait sinkronisasi dari program pemerintah dengan legislatif berdasarkan dari undang-undang No 23 tahun 2004 bahwa pemerintah daerah beserta DPRD,ruh disini dalam arti ada ruh kebersamaan untuk mewujudkan harapan masyarakat. “semoga dapat menjalankan amanah yang telah diberikan kepada kita, apapun yang menjadi program pemerintah itu menjadi program bersama-sama dan saling bekerja sama dalam menjalankan tugas. (Suwito)

Loading