Peristiwa

Tanggul Sungai Cijengkol Jebol, Ratusan Rumah di Ciasem Subang Terendam  

Subang, Detak Media.com

Tanggul Sungai Cijengkol jebol. Ratusan rumah di daerah Desa Dukuh, Kecamatan Ciasem, Subang terendam banjir Jumat (10/1/2020)

Luapan air sungai Cijengkol melanda pemukiman warga. Warga sempat panik mereka menyelamatkan barang rumah tangga ketempat yang lebih aman.

Kepala Desa Dukuh, Ade mengatakan, air dengan ketinggian sekitar 50 cm sampai 70 cm itu, merendam sekitar 286 rumah yang tak jauh dari lokasi sungai Cijengkol. “Mulai banjir sekitar jam 6.00 WIB air. Sekitar 286 rumah terendam,” kata Kepala Desa Dukuh.

Banjir yang merendam pemukiman warga itu, kata Ade, berasal dari sungai cijengkol. Tanggul sungai di lokasi itu jebol dan merendam rumah warga di lima dusun yakni Dusun Dukuh Timur, Dusun Barat, Dusun Tengah, Dusun Dukuh Girang Timur dan Dukuh Girang Barat.

Sementara itu, Warga setempat, Iroh (50) mengatakan, banjir yang melanda rumahnya itu terjadi pagi. Air dengan cepat merambah dan masuk kedalam rumah hingga mencapai sekitar sepaha orang dewasa.

Peralatan rumah tangga yang belum sempat diselamatkan seperti kulkas dan kasur serta peralatan rumah tangga lainnya basah kuyup.

“Mudah-mudah airnya cepat surut agar di dalam rumah kembali seperti biasa tidak banjir,” pungkasnya.(Nali.S)

 

Loading