Gabungan Personel Polres Tanggamus dan TNI Himbau Warga Gunakan Masker

Tanggamus, Detak Media.com

Dalam mengantisipasi dan pencegahan Covid 19 di wilayah Kota Agung, personel gabungan Sat Sabhara, Sat Binmas dan Sat Lantas serta TNI Kodim 0424 Tanggamus melakukan patroli dialogis di sejumlah titik keramaian di Kecamatan Kota Agung, (14/4/20).

Dengan berpatroli tersebut, personel memberikan himbauan menggunakan pengeras suara mobil patroli kepada masyarakat serta keramaian, bahkan memberikan masker kepada orang-orang yang rentan diserang penyakit yakni orang tua yang sudah berusia lanjut.

Kegiatan itu dipimpin tiga perwira sekaligus yakni Kasat Sabhara AKP Harry Suryadi, Kasat Binmas AKP Harry Suryadi, Kaur Bin Ops Sat Sabhara Ipda Sukarjo dengan diikuti sejumlah personelnya TNI dan Polres Tanggamus.

Terhitung tiga titik keramaian yang disambangi personel gabungan itu yakni Pelabuhan, Taman Wisata Muara Indah dan Pasar Kota Agung yang memang setiap harinya cukup ramai dengan berbagai aktifitas warga.

Kasat Sabhara AKP Harry Suryadi mengatakan patroli dialogis dilaksanakan gabungan bersama TNI Kodim 0424/TGM melaksanakan himbauan kepada masyarakat agar selalu menggunaan masker, menjaga jarak dan menjaga kesehatan sesuai dengan anjuran World Health Organization (WHO) serta Instruksi Presiden Republik Indonesia.

Ini dimaksudkan untuk memutus mata rantai penyebaran (Covid-19), agar Kabupaten Tanggamus terhindar dari Virus yang tengah menjangkit dunia, termasuk di Indonesia,” kata AKP Harry Suryadi mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto, SIK. MM.

Lanjutnya, “bahwa lokasi himbauan tersebut difokuskan di kecamatan Kota Agung yakni dibeberapa titik keramaian yang biasa terjadi.
“Ada beberapa titik yang kami datangi yakni Pelabuhan, Taman Wisata Muara Indah dan Pasar Kota Agung,” ujarnya.

AKP Harry Suryadi menegaskan, bahwa respon masyarakat yang diberikan himbauan sangat baik menerima informasi yang disampaikan oleh pihaknya. “Alhamdulillah respon masyarakat cukup antusias, karena dengan bersama-sama masyarakat kita bisa mencegah Covid-19,” tegasnya.

Ditambahkannya, “bahwa pada saat sosialisasi juga dibagikan masker oleh Polres Tanggamus kepada sejumlah masyarakat yang dimaksudkan sebagai sampel kepada masyarakat bahwa masker kain cukup bagus dipakai bahkan dapat di cuci.

“Ada yang dibagikan masker sebagai sampel dan memberikan contoh kepada masyarakat cara menggunakannya,” imbuhnya.

Kesempatan itu Kasat menghimbau masyarakat agar benar-benar ikut terlibat dalam pencegahan Covid-19. Rajin mencuci tangan. Sebab cara paling sederhana kita membantu menghentikan penyebaran virus. Semua harus komitmen, jangan anggap sepele,” pungkasnya.

Sementara itu, seorang ibu rumah tangga warga Kelurahan Pasar Madang bernama Nurul mengaku mengapresiasi atas sosialisasi dan bahkan ia diberikan masker. “Bagus pak, aman. Terima kasih atas pembagian maskernya,” kata Nurul di depan rumahnya.

Ditempat lain, Lensi selaku pedagang di Pantai Muara Indah bahwa ia sebenarnya telah mendapatkan masker dari Polsek Kota Agung namun belum dipakainya. Tetapi setelah diberikan himbauan ia langsung memakai masker tersebut.

Yang kemarin di kasih sama Polsek, nyaman sih pak masker cuma agak engap gitu, mungkin karna belum biasa. Tapi besok-besok saya pakai terus untuk menghindari Virus Corona,” ucap gadis itu. (Masri sp)