Hukum & Kriminal

Razia Masker di Desa Jatisari Kecamatan Cileungsi Disambut Positif Oleh Pemdes

Kab. Bogor, Detak Media.com

Penyebaran virus Corona yang belum terkendali di negara kita, dikuatirkan berbagai pihak. Pertengahan bulan September sampai sekarang ini selalu mencatatkan kasus baru yang semakin tinggi, 4000 an orang, tanggal 23 September sebanyak 4.468 orang sempat tertinggi tetapi hari ini rekor baru lagi harian sebanyak 4.634 orang.

Masifnya penyebaran virus Corona ini ditengarai rendahnya tingkat kepatuhan masyarakat akan protokol kesehatan, gerakan 3 M yakni mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak, salah satunya yang harusnya mendapat perhatian khusus adalah memakai masker.

Terkait hal ini, Muspika Cileungsi bergerak sejak awal September, melaksanakan program operasi Yustisi protokol kesehatan termasuk razia masker. Razia masker ini bekerjasama dengan Satpol PP Kecamatan, Babinsa, Babinkantibmas dan perangkat Desa se-Kecamatan Cileungsi.

Kamis tanggal 24 September, titik checkpoint razia masker ada diwilayah Desa Jati Sari, Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat, dengan full team karena dibantu dan difasilitasi oleh perangkat Desa juga melibatkan anggota Linmas.

Dari pengamatan awak media di lokasi razia, tampak masih banyak pelanggar PSBB yang terjaring, yaitu tidak memakai masker dengan benar ataupun tidak mengenakan masker sama sekali.

Para pelanggar langsung didata oleh petugas sebelum dikenakan sanksi sosial, antara lain berupa menyanyikan lagu Indonesia Raya, melafalkan sila-sila Pancasila, dan sebelum meninggalkan lokasi yang bersangkutan diminta komitmen nya untuk selalu memakai masker, lalu petugaspun memakaikan masker yang telah disiapkan team.

Kades Jati Sari, H.Atu Ansyori dan Sekdes Andi, yang memfasilitasi gelaran razia ini menyatakan pihaknya menyambut positif dan berterimakasih serta apresiasi kepada seluruh team personel yang melaksanakan operasi yustisi, razia masker ini.

“Kita sangat mengharapkan melalui kegiatan ini berdampak positif dan akan adanya perubahan perilaku masyarakat kedepannya, yakni semakin menyadari dan mematuhi protokol kesehatan, khususnya memakai masker, agar penyebaran Covid-19 semakin terkendali , warga sehat dan perekonomian pun segera pulih,” pungkas keduanya optimis.

Penulis : Gultom

Loading