Jajaran Gabungan Organisasi Wanita Kabupaten Tanggamus Gelar Seminar

Tanggamus, Detak Media

Dalam rangka menyambut Hari Ibu ke 92 Jajaran Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Tanggamus yang diketuai Ny. Nur’aini Hamid Lubis menggelar seminar dengan tema “Menjadikan Keluarga Hebat Dalam Mendidik dan Menjaga Anak Dimasa Pandemi Covid 19” di aula PKK Kabupaten Tanggamus, Selasa (10/11).

Acara dibuka langsung oleh Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, SE. MM. dan dihadiri oleh narasumber Toni Fisher (fasilitator perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat), Kepala Dinas PP/PA Dalduk KB Edison, Ketua TP PKK Kabupaten Hj. Sri Nilawati Syafi’i, Ketua Persit Candra Kirana Tanggamus, Ketua Bhayangkari, Ketua Adhyaksa Dharma Karii, Ketua Dharma Yukti Karini, Mantan Ketua GOW Kabupaten Tanggamus, Ismaniar Rahman Sakti, para ketua Organisasi Wanita se-Kabupaten Tanggamus.

Dalam laporannya Ketua GOW Nur’aini Hamid Lubis menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan Seminar ini adalah dalam rangkaian menyambut hari ibu yang ke 92 tahun 2020, dengan maksud membina keluarga yang bahagia sejahtera bahagia yang membimbing anak anak dimasa yang akan datang.

Adapun tujuannya yaitu untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas anggota GOW dalam hal menjaga kebahagiaan dan keharmonisan keluarga, membina pendidikan keluarga di dilingkungan organisasi dan masyarakat, membantu program pemerintah dalam mendidik anak bangsa.

Dengan peserta seluruh ketua organisasi wanita se-Kabupaten Tanggamus serta anggota satu orang, dengan jumlah anggota peserta seminar 51 orang.

Sementara itu Bupati Dewi Handajani mengharapkan kegiatan Seminar tersebut memberikan manfaat, bisa menjadi perbaikan mainset atau cara pandang ibu-ibu, kaum wanita di Kabupaten Tanggamus ini, seperti bagaimana cara mengasuh anak yang benar, mendidik, menjaga, mendampinginya terutama dimasa pandemi covid 19 ini yang harus memiliki adaptasi kebiasaan yang baru.

Dimulai dari pola pengajaran, belajar mengajar, dengan tidak tatap muka tetapi dengan daring, dimana ada cara atau strategi, selain itu juga ada masukan masukan mengenai konvensi hak anak dan hal hal lainnya yang Bupati yakin ini akan menambah kapasitas dan juga kemampuan, integritas para wanita di Kabupaten Tanggamus khususnya.

“Jadi saya juga mengapresiasi terhadap gabungan organisasi wanita kegiatan ini sangat bermanfaat dan mudah-mudahan ini menjadi agenda yang berkesinambungan dengan materi materi yang berbeda beda sehingga insyaallah akan lebih kompeten lagi wanita atau kaum ibu di Kabupaten Tanggamus.”harapnya

Bupati juga menyampaikan GOW, Dekranasda, PKK, Dharma Wanita dan organisasi kewanitaan lainnya adalah mitra dari pada pemerintah Kabupaten Tanggamus, karena diketahui kontribusi kaum wanita di Tanggamus bahkan di dunia memiliki peranan penting, wanita memiliki peran strategis, fital, dan tentunya ini harus di dukung program-programnya.

“Dan kegiatan ini juga dalam rangka mewujudkan bagaimana Kabupaten Tanggamus menjadi Kabupaten Layak Anak dan juga meraih penghargaan APE (Anugrah  Parahita Ekapraya (APE), doakan ini menjadi semangat, motifasi untuk kita semuanya agar menjadikan Kabupaten Tanggamus kedepan bisa lebih baik lagi khususnya untuk hal hal yang terkait dengan hak anak dan juga perempuan.” Pungkas Bupati.

Penulis : Masri sp