Muspika Cileungsi Adakan Apel Bersama Deklarasi Damai Pilkades, Beberapa Calon Kades Tidak Hadir

Kab Bogor, Detak Media.com

Perhelatan Pilkades serentak se-Kabupaten Bogor gelombang ke-1 tahun 2020,  yang diikuti oleh 2 Desa di Kecamatan Cileungsi, yakni Desa Cileungsi Kidul dan Desa Limusnunggal, tinggal menunggu hari.

Tahapan demi tahapan sudah dilaksanakan dan semakin mendekati klimaksnya nanti tanggal 20 Desember 2020.  Mencermati perkembangan kondisi dan dinamika yang sudah terjadi, sekaligus mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan, pihak Muspika Cileungsi, bertindak cepat dengan mengundang pihak pihak terkait penyelenggaraan Pilkades tersebut, untuk mengikuti Apel Deklarasi Damai Pilkades, dihalaman Kantor Kecamatan Cileungsi, Rabu (17 Desember 2020).

Dalam Apel Bersama tersebut, tampak hadir selain Plh Camat Cileungsi Wawan Suryana, SSos,  juga Danramil Mayor inf Acep Komarudin, Kanitlantas Polsek Cileungsi AKP Asep, pejabat Kades Cileungsi Kidul, Galuh Sri Wahyuni, pejabat Kades Limusnunggal, Mastur dan beberapa personel Polsek Cileungsi lainnya, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa, Linmas, dari kedua Desa peserta Pilkades, anggota Pramuka, personel Satpol-PP, yang salah satu anggotanya, Amran  sekaligus tampil menjadi komandan upacara.

Namun yang menjadi sorotan dan yang paling diharapkan hadir dalam acara Apel bersama tersebut yakni calon Kades, hanya dihadiri oleh 4 calon dari seharusnya 7 calon, karena calon Kades Cileungsi Kidul yang hadir hanya 1 calon,  namun 1 calon Kades Cileungsi Kidul hadir juga pasca upacara.

Inspektur Upacara, Plh Camat Cileungsi Wawan Suryana SSos, dalam kesempatan tersebut,  secara tegas mengingatkan seluruh pihak yang terlibat dalam Pilkades tahun ini, untuk mematuhi Prokes secara ketat, sesuai Perbub 69 dan juga Permendagri 72 tahun 2020,  tentang pengetatan Prokes, dan juga sanksi apabila Prokes terabaikan.

“Pilkades tahun ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya, karena dilaksanakan dimasa Pandemi, jadi kita berharap agar Pilkades kali ini berjalan dengan baik dan kondusif, dengan melaksanakan 3 M, ingat pesan Ibu,  Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak,” ujarnya penuh harap.

Hal yang sama disampaikan Danramil Cileungsi Mayor inf Acep Komarudin, yang pada acara tahapan tahapan sebelumnya, juga selalu berkata tegas soal mematuhi protokol kesehatan khususnya tidak berkerumun. “Kita semua berharap agar Pilkades kali ini berjalan sukses tanpa Ekses,”  pungkasnya.

Sebelum membubuhkan tandatangan di spanduk Deklarasi Damai Pilkades yang disediakan, salah satu Calon Kades membacakan point point Deklarasi Damai, diikuti calon calon lainnya, yang  pada intinya berisi kesiapan para calon untuk tertib mematuhi peraturan terkait Pilkades dan juga Prokes.

Selain para Calon Kades, spanduk Deklarasi Damai Pilkades tersebut juga ditandatangani oleh Muspika Cileungsi dan para Ketua Panitia Pilkades,  yakni M Thohir dari Cileungsi Kidul, Idam dari Limusnunggal dan para calon yang tidak hadir ditunggu tandatangannya karena tidak bisa diwakili.

Penulis : Soma