Resmikan Yayasan Pendidikan SMP Pesantren, Plt Wali Kota Tanjungbalai Harapkan Bisa Lahirkan Hafiz Qur’an Sejak Dini

Tanjungbalai – Detak Media.com

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tanjungbalai H.Waris Thalib menghadiri acara peresmian Yayasan Pendidikan SMP Pesantren Tahfiz Qur’an Daarul Mukhlisin, sekaligus pelaksanaan kegiatan Inspiring Qur’an oleh Hafiz Indonesia di halaman Masjid AR Ridho, Jalan HM.Nur, Kelurahan Pahang, Kecamatan Datuk Bandar, Kota Tanjungbalai,  Kamis (17/6/2021)

Dalam Sambutannya, Plt Wali Kota H.Waris Thalib menyambut pendirian Yayasan Pendidikan SMP Pesantren Tahfiz Qur’an Daarul Mukhlisin, sekaligus pelaksanaan kegiatan Inspiring Qur’an oleh Hafiz Indonesia di Kota Tanjungbalai.

“Hari ini dihadapan kita telah hadir orang orang yang dimuliakan Allah yaitu para anak-anak kita hafiz dan hafizhah. Para hafiz nantinya di akhirat duduk terhormat bersama para orang orang sholeh,”Ujarnya

Ia menuturkan, saat ini mencari penghafal Al-Qur’an sangatlah sulit. Minat para orang tua kita di Kota Tanjungbalai untuk menjadikan anak-naknya menjadi hafiz Al-Qur’an sangatlah kurang,” tururnya.

H. Waris Thalib menyebutkan, salah satu visi dan misi kami adalah setiap kelurahan ada tempat penghafal Al-Qur’an. Oleh sebab itu doakan saya agar dapat terus mampu mengemban amanah memimpin Kota Tanjungbalai,” sebutnya

“Pada tahun 2021 ini, harapannya dan kami juga rencanakan di Kota Tanjungbalai wajib berdiri sebuah Pondok Pesantren. Untuk itu mohon dukungan kita bersama agar rencana ini dapat terwujud nantinya,” ungkap Plt Wali Kota.

Disampaikan Plt Wali Kota lagi, bahwa konsep Kota Tanjungbalai sesuai Visi Misi Religius, membangun kota diawali dengan membangun iman dan takwa yang menjadi pusat pembentukan karakter sumber daya manusia yang berkualitas.

Sebagai penutup sambutannya, beliau menyampaikan bahwa di Kota Tanjungbalai Insya Allah dengan telah diresmikan Yayasan Pendidikan SMP Pesantren Tahfizd Qur’an Daarul Mukhlisin, sekaligus pelaksanaan kegiatan Inspiring Qur’an oleh Hafizd Indonesia di halaman Masjid AR Ridho akan membawa berkah bagi anak-anak kita dalam pemahaman dan pendalaman isi Qur’an dan ilmu agama mulai sejak dini,” pungkasnya

Sementara itu, Ketua Yayasan Daarul Mukhlasin, Ilham Fauzi mengatakan Yayasan Daarul Mukhlasin saat ini telah mengelola pendidikan Tingkat Paud dan TK. “Dan Saat ini kita akan meresmikan SMP Tahfiz Quran,” ucapnya.

Menurutnya, dalam membina generasi muda merupakan tanggung jawab kita tidak hanya pada bangsa dan negara, tapi tanggung jawab pada agama untuk membentengi generasi kita dari arus globalisasi.

“Arus globalisasi tak perlu kita hindari, tapi kita seimbangkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, kita tidak hanya pelu kecerdasan intelektual tapi perlu juga kecerdasan spritual,” sebutnya

Pendiri Yayasan Daarul Mukhlasin ibu Rusmeliana mengungkapkan, terselenggaranya kegiatan ini berkat Ridho Allah, serta kerjasama seluruh panitia.

“Dalam kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada bapak Plt.Wali Kota yang telah berkenan hadir dalam acara ini. Sebagai pendiri Yayasan kami mengharapkan bimbingan dan binaan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai agar Pesantren ini bisa berkembang sesuai dengan harapan kita bersama,” jelasnya.

Pantauan awak media dilapangan, sebelumnya acara diawali dengan prosesi membasuh kaki ibu oleh para santri dan santriwati sebagai tanda ucapan syukur dan rasa cinta serta hormat kepada orang tua yang telah melahirkan mereka dan dilanjutkan dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an.

Kemudian pada akhir acara dilaksanakan prosesi Wisuda 30 orang Santri/Santriwati dan dilanjutkan dengan Peresmian/Pengguntingan Pita sebagai tanda telah diresmikannya Gedung Pesantren Daarul Mukhlasin oleh Plt Wali Kota Tanjungbalai didampingi Ketua Yayasan, pendiri yayasan serta undangan yang hadir.

Diketahui, Pesantren Daarul Mukhlasin sendiri saat ini memiliki fasilitas yang terdiri dari bangunan permanen 2 (dua) Lantai, ruang belajar 7 kelas, ruang Kantor, Asrama Putra 4 (empat) ruang. Asrama Putri 3 (tiga) ruang, ruangan UKS, tempat Wudhuk Putra/putri, Koperasi Pesantren, Perpustakaan serta didukung para tenaga pendidik yang profesional.

Turut hadir dalam acara tersebut Kabag Kesra Setdakot Tanjungbalai Fakhrialdi, mewakili Kakan Kemenag Tanjungbalai, DR Mulyadi, M.Hi, Ketua Yayasan Daarul Mukhlasin, Ilham Fauzi, Pendiri Yayasan Pesantren Daarul Mukhlasin, Ibu Rusmeliana Panjaitan, Tokoh masyarakat, Ustazd Alfi Syahri, Ketua Panitia Peresmian Merangkap sebagai Kepala SMP Tahfiz Quran Daarul Mukhlasin, Abdi Tanjung, Para Santri dan Orang tua Santri Pesantren Daarul Mukhlasin serta Pengurus BKM Masjid AR Ridho. (Syahruddin Rao)

 

 

Editor : Admin