Sinergitas Polsek Cileungsi-Polres Bogor Dan PemDes Cipeucang Cileungsi Gelar Gerai Vaksinasi Covid-19 Di Citra Indah Square

BOGOR | Detak Media.com

Mengusung tema “Indonesia Pasti Bisa 2021”, Polsek Cileungsi Polres Bogor bersinergi dengan Desa Cipeucang Kecamatan Cileungsi dan Management Citra Indah Sequare menyelenggarakan Vaksinasi di gedung serba guna Citra Indah Square, Citra Indah City (CIC) Selasa 5/10/2021.

“Menargetkan 1000 orang tervaksinasi, baik untuk Dosis 1 dan Dosis 2 dengan Sinovac, juga sebagai tindak lanjut arahan Bupati Bogor H.Ade Yasin yang mencanangkan supaya ada kegiatan vaksinasi di setiap kecamatan dengan target 6000 orang per hari.” Ungkap Sekdes Cipeucang Abdurrahman kepada awak media di lokasi vaksinasi.

Manajer Citra Indah City (CIC) Mawardi yang memfasilitasi tempat vaksinasi menjelaskan, pihaknya selalu siap mendukung setiap kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan oleh pemerintah, salah satunya seperti hari ini, dengan menyediakan fasilitas gedung agar para Nakes bisa bekerja dengan baik dan warga pun nyaman

“Kawasan CIC ini berada di 2 lokasi Kecamatan yaitu Kecamatan Jonggol dan Kecamatan Cileungsi, kita mencatat sudah mengadakan kegiatan vaksinasi yang didukung oleh Management CIC sebanyak 12 kali, diantaranya di Fresh Market, Citra Park dan Citra Berkat, dan sudah memvaksin 62.000 orang.
Kali ini untuk warga Kecamatan Cileungsi dilaksanakan di Citra Square. Untuk warga kita sendiri di perumahan CIC yang telah tervaksin sudah diangka 90 %,” jelas Mawardi.

Kepala Desa Cipeucang Gopur Atmaja terlibat langsung dalam mengatur dan mengarahkan aliran warga peserta vaksinasi. Kades Gopur juga didampingi bhabinkamtibmas Desa Cipeucang Aiptu A. Saiful, Babinsa Serma Ermen, dan puluhan orang Staf Desa Cipeucang oleh Bhabinkamtibmas Desa Cipeucang Aiptu Saeful dan Babinsa Desa Cipeucang Serka Ermen. Juga beberapa Personel anggota Polsek Cileungsi yang dikomandani Perwira Pengawas Ipda Parlaungan Simatupang bersinergi dengan seluruh Nakes melakukan kegiatan vaksinasi tersebut..

“Kita tentu mengapresiasi begitu gencarnya percepatan vaksinasi yang dilakukan Pemerintah juga TNI-Polri, Lembaga, serta elemen masyarakat lainnya, tapi masih terkesan sporadis dan tidak akumulatif, berapa sebenarnya warga yang sudah tervaksin, kan belum jelas datanya,” imbuh Gopur.

Gopur menambahkan, untuk hal inilah dalam pertemuan kordinasi beberapa hari kemarin , beberapa Kades dengan Muspika Cileungsi , dirinya menanyakan sekaligus mengusulkan pentingnya segera dilakukan pendataan warga baik yang sudah divaksin dan yang belum untuk sinkronisasi data.

“Desa Cipeucang jadi pilot project/percontohan pendataan warga . Jika berbasis data tentu prioritas dan langkah percepatan seperti apa yang harus dilakukan akan lebih jelas terukur dan bisa dioptimalkan. Untuk warga Desa Cipeucang sendiri yang wajib vaksin yakni usia 12 Th keatas sekitar 12.000 orang. Kita sudah mulai pendataan dan diharapkan dalam dua mingguan ini kita mendapatkan data yang valid. Dan pendataan ini sejalan dengan keputusan Camat Cileungsi Adi Nugraha, S.STP pasca pertemuan waktu lalu dengan kepala-kepala Desa,” pungkas Gopur.

Info yang didapatkan kegiatan vaksinasi kali ini melibatkan 14 dokter/perawat Vaksinator dari RS Graha Medika, RS Mery, RS Sismadi dan RS Hermina Mekarsari dan 12 nakes dari SMK Bhakti Kencana Cipeucang dan SMK Avicena Cileungsi jurusan keperawatan.

Keterlibatan para pelajar SMK ini menurut Guru Keperawatan bernama Niko adalah selain untuk mendukung akselerasi vaksinasi juga untuk memberikan pengalaman. “Tenaga nakes SMK yang dilibatkan sudah tersertifikasi di sekolah dan pernah menjadi nakes dibeberapa kegiatan vaksinasi,” tambah Niko yang juga menjadi pengawas nakes SMK. (Gultom/BJS)

 

Editor : Admin