Gelaran Vaksinasi Massal Covid-19 Di Desa Cipenjo Bagikan Doorprize Untuk Warga Tervaksin

BOGOR | Detak Media.com

Gelaran vaksinasi massal yang didorong Pemerintah Kecamatan Cileungsi ke Desa se-Kecamatan Cileungsi terlihat lebih efektif dengan tingginya animo warga untuk mendatangi tempat vaksinasi, ditambah pula pihak PemDes setempat kreatif dengan membagikan doorprize kepada warga tervaksin seperti yang dilakukan PemDes Cipenjo Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor, di Kantor Desa Cipenjo Jumat 8/10/2021.

Tampak hampir semua perangkat Desa Cipenjo terlibat, antara lain Sekdes Cipenjo Parta, juga ada Babinsa Cipenjo Serka Ari P, Amran dari Satpol PP Kecamatan Cileungsi dan lainnya, membantu aliran warga peserta vaksinasi.

Kasi Kesra Endang Suherman kepada awak media ini, membocorkan kiat PemDes Cipenjo untuk memaksimalkan kehadiran warga melalui pemberitahuan tentang adanya gelaran vaksin hari ini di Desa Cipenjo.

“Selain sosialisasi, melalui RT-RW, pamlet, spanduk, melalui medsos, PemDes Cipenjo (Bu Kades) menyiapkan paket sembako sebagai doorprize bagi peserta vaksin, diundi 1 pemenang dari setiap 10 orang/kertas nomor antrian vaksin. Alhamdulillah sepertinya berdampak juga pada antusiasme warga, buktinya jam segini (10.00 WIB) antrian sudah 700 an dari target 1000 orang,” ungkap Endang.

Sementara itu Kades Cipenjo Hj Yeni Lusiana, SPd turut proaktif memonitor jalannya kegiatan vaksinasi dan juga memimpin acara doorprize, sekaligus membagikan doorprize bagi pemenangnya. “Kita menyiapkan doorprize 100 paket,” ujar Yeni singkat mengaku suaranya lagi serak.

Dari seorang Nakes di tempat, diperoleh informasi bahwa pelayanan vaksinasi kali ini untuk usia 12 tahun ke atas, untuk Dosis 1 dan 2 Sinovac. Pelaksanaan vaksin masih didukung oleh TNI AU dari Nakes Skadik 504 cq Wingdikim Kodiklatau sebanyak 21 personil dan juga UPT Puskesmas Pasir Angin sebanyak 6 orang

Kepala UPT Puskesmas Pasir Angin yang turut memimpin jalannya kegiatan vaksinasi, dokter Harry Triono Hartadi menjelaskan bahwa vaksinasi berjalan terus untuk kontribusi pencapaian target 70% warga tervaksinasi. Untuk data di Puskesmas Pasir Angin warga Desa Cipenjo baru mencapai 30%.

“Tidak ada kiat khusus untuk mengejar target, tetapi vaksinasi diharapkan harus berjalan terus, pihak Puskesmas Pasir Angin juga siap jemput bola misal satu Kadus menyiapkan titik kumpul warganya, juga melalui Posyandu. Terpenting Nakes tetap sehat kami selalu siap,” tambah Harry.

H. Udin Wahyudin, SH yang merupakan Ketua BPD Cipenjo tampak juga proaktif mengatur aliran warga peserta vaksinasi. “Kami pasti mendukung kegiatan seperti ini, karena sudah menjadi program Pemerintah memproteksi kesehatan warganya, agar masyarakat sehat, pandemi Covid-19 ini segera berlalu,” tutupnya penuh harap.

Selain edukasi, sosialisasi, diperlukan ide-ide kreatif untuk menjaring minat, animo dan membuat kesadaran bagi warga untuk datang divaksin. Salah satunya seperti pembagian doorprize yang dilakukan PemDes Cipenjo ini. Paket sembako yang disediakan 100 Paket doorprize yang berisi: Beras, Gula Pasir, Ikan Sarden Kaleng ukuran sedang dan Mie Instant.

“Mantap Kang, sudah untung divaksin, eeh beruntung menang doorprize pula ini. Lumayan paket sembako nya. Hatur Nuhun Bu Lurah,” tutur seorang warga (namanya tidak mau ditulis) selesai vaksin juga dapat doorprize dengan gembira. (Gultom/BJS)

 

Editor : Admin