Vaksinasi Covid-19 Di Desa Limusnunggal, Optimalkan Warga Yang Belum Terakses Vaksin

BOGOR | Detak Media.com

Gelaran vaksinasi Covid-19 yang didorong Pemerintah Kecamatan Cileungsi ke Desa se-Kecamatan untuk mengoptimalkan partisipasi masyarakat dalam mengikuti dan meningkatkan percepatan vaksinasi Covid-19 Pemkab Bogor di masa perpanjangan PPKM level 3 sampai 18 Oktober 2021. Seperti tampak pada pantauan awak media di aula Kantor Desa Limusnunggal, Selasa (12/10/2021).

Sekdes Limusnunggal, Awan Hermawan disela-sela kegiatan vaksinasi di Desa nya mengatakan, bahwa kegiatan vaksinasi tersebut bagian dari kebijakan Pemerintah Kecamatan Cileungsi yang mendorong pihak Pemdes setempat melakukan kegiatan vaksinasi demi efektivitas jarak dan tempat memobilisasi warga untuk berpartisipasi dalam program ini.

“Sejauh ini sudah banyak sentra vaksinasi diberbagai tempat, dan atas prakarsa pihak Pemdes Limusnunggal sendiri sudah melakukan kegiatan serupa pada tanggal 30 September lalu di GOM Limusnunggal, yang berhasil memvaksin 1500 an orang. Nah pada kegiatan kali ini pihak Pemdes mengoptimalkan warga kita yang sejauh ini belum atau agak sulit mengakses sentra sentra vaksinasi dengan berbagai alasan dengan target 500 – 1000 orang,” ungkap Awan.

Awan mengaku, untuk warganya usia produktif 12 – 55 tahun, progress mereka tervaksin tidak ada masalah dan sejauh ini sudah ribuan orang, tetapi yang terkendala adalah warganya para Lansia dan jumlah mereka cukup banyak.

“Lansia dengan berbagai alasan, tidak jalan kemana-mana seperti ke Mall, enggan karena jauh ke sentra vaksinasi, dan alasan lainnya, sekaligus juga menjadi tantangan untuk PemDes Limusnunggal untuk menjangkau mereka dengan jemput bola,

Biar bagaimanapun mereka harus divaksin untuk tambah immun dan demo tercapainya herd immunity. Kedepannya diharapkan Nakes nya yang proaktif mendatangi pos pos titik kunpul warga ataupun Posyandu, hal ini pasti lebih efektif. Dan sebelum ini sudah 4 Posyandu yang didatangi Nakes terkait program serupa,” jelasnya

Awan berharap, semua warganya tervaksin. Dan sejauh ini sudah cair tidak ada penolakan, dan pihaknya terus mengedukasi dan sosialiasi vaksinasi ini agar pandemi ini segera berlalu, kehidupan dan ekonomi masyarakat normal kembali.

Pelaksanaan akselerasi vaksinasi ini didukung Nakes TNI AU cq Skadik 504 Wingdikum Kodiklatau, yang menerjunkan anggota dari Skuadron Pendidikan (Skadik 504), juga Nakes dari Puskesmas Cileungsi yang menyuntikkan Dosis 1 dan 2 sinovac dan juga Dosis 1 dan 2 pfizer kuota untuk 100 orang. Nakes juga dibantu relawan dan perangkat Desa Limusnunggal sebagai penginput data peserta vaksin.

Hampir semua perangkat Desa Limusnunggal terjun dalam kegiatan tersebut, antara lain Kesra Idham Damiri, Kaur Keuangan Gilang Satria P dan lainnya. Team pemantau vaksinasi dari Kecamatan Cileungsi tampak hadir antara lain Amran, TB.Yudi dan Mastur.

“Kita memastikan kegiatan ini berjalan sebaik mungkin dan diharapkan antusias partisipasi warga untuk divaksin,” tutur Mastur singkat, yang sebelumnya menjadi PLT Kades Limusnunggal. (Gultom)

 

Editor : Admin

Loading