Kades Cileungsi Kidul Rudi Sukarya SE, Harapkan Betonisasi Jalan SaMiSade Tingkatkan Perekonomian

Kab. Bogor, Detak Media.com
Tahun 2021 ini Desa se-Kabupaten Bogor mendapatkan program SaMiSade (satu milyar satu Desa) untuk pembangunan infrastruktur Desa, yang mayoritas direalisasikan membenahi infrastruktur jalan berupa Betonisasi.

Di penghujung Tahun 2021, awal bulan Desember, PemDes Cileungsi Kidul, akhirnya mendapatkan dana SaMiSade untuk tahap I, sebesar 40 % yang sudah direalisasikan sejak tanggal 14 Desember lalu. berupa Betonisasi Jalan, di dusun Bojongkaso, dengan panjang 620 meter, lebar 2,5 meter dan ketebalan 0,20 meter

Saat disambangi awak media di kantor Desa Cileungsi Kidul , Kamis tanggal 16/12/2021, Kepala Desa Rudi Sukarya SE dengan ramah menjawab pertanyaan awak media, seputar pelaksanaan kegiatan pengecoran atau betonisasi jalan yang telah mereka dilaksanakan.

Rudi membenarkan pihak TPK bersama RT-RW dan warga Bojongkaso, karena bersifat padat karya atau swakarya, telah melaksanakan tahap I, betonisasi jalan di dusun Bojongkaso, sepanjang 620 meter x 2.5 meter x 0.20 meter.
“Walaupun dalam kondisi cuaca yang kurang bagus (musim hujan), dengan semangat kebersamaan semua yang terlibat, insya Allah berkah, hasilnya bagus” ujarnya.

Rudi memaparkan setidaknya ada 3 hal manfaat yang diharapkan dengan adanya betonisasi jalan diwilayah tersebut, yakni:
1. Meningkatkan ekonomi untuk warga sekitar
2. Mempermudah akses warga keluar masuk wilayahnya. Ada yang butuh pertolongan seperti ibu yang mau melahirkan ataupun yang sakit dengan akses jalan yang bagus bisa dengan cepat ke Rumah Sakit.
3. Dengan jalan yang bagus, investasi dari luar akan masuk ke wilayah itu. Akan ada peningkatan investasi ekonomi dan peningkatan kualitas hidup warga.

“Alhamdullillah semua warga mendukung, dan bahkan ada yang rela menghibahkan tanahnya untuk pelebaran jalan yang nantinya bisa lebar 4 meter. Sampai saat ini saya terus berkoordinasi dengan perangkat Desa dibawah inventarisasi rencana jalan untuk disiapkan pada Betonisasi tahap ke2, agar hasilnya lebih optimal,” ungkap Rudi.

Rudi mengapresiasi program SaMiSade ini, seraya berterimakasih kepada Bupati Bogor, Ibu Ade Yasin, karena diyakini sangat membantu untuk pembangunan Desa khususnya infrastruktur jalan.

“Terimakasih dan apresiasi juga untuk seluruh team pelaksana yang bersama warga dapat mewujudkan harapan untuk jalan yang bagus, serta harapan bersama-sama juga untuk memeliharanya,” pungkas Rudi.

Pewarta : Gultom