PemerintahanPendidikanSumatera Barat

Ekspose Profil Pelajar Pancasila Sekolah Penggerak SDN Nyalindung Kec. Cileungsi Berlangsung Meriah

Kab. Bogor, Detakmedia.com

Pagelaran *Ekspose Profil Pelajar Pancasila Sekolah Penggerak SDN Nyalindung Desa Mampir Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor di halaman sekolah SDN Nyalindung berlangsung semarak dan meriah dan disiarkan langsung melalui Live Streaming Youtube Chanel SD Negeri Nyalindung, yang disupport PC24 Telekomunikasi Indonesia, Kamis 27/1/2022.

Acara yang digelar sejak pagi hingga siang tersebut bertajuk *Selamatkan Bumi, Selamatkan Kehidupan* , Aksi Sederhana Untuk Selamatkan Bumi Demi Masa Depan Bangsa, dihadiri Kepala Dinas pemberdayaan masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bogor Renaldi Yushab Fiansyah, SSos, Camat Cileungsi Adhi Nugraha, SSTP, Yogi Samsuri (CEO PC24 Tellin), Hana Triana, MPd (pelatih ahli), Yusef Gunawan, MPd (PMO Kab.Bogor), Usman SPd MPd (pengawas pendamping) dan selaku tuan rumah Kepala Sekolah SDN Nyalindung N.Tintin Rondasih MPd).

Dari jajaran pendidik Kecamatan Cileungsi tampak hadir Tati Kusmiati SPd MPd (pengawas pembina), Jaja MPd (sekretaris PGRI), Mustopa SPd (Ketua Kwarran/Pramuka Kec. Cileungsi), Esti Wahyu Mudjiastutik, S.Pd (Kepsek SDN Babakan 03 juga Sekolah Penggerak), Budi SPd (Kepsek SDN Rawailat) , Entis SPd (Kepsek SDN Rawa Endah), serta para pendidik atau guru-guru SDN Nyalindung.

Renaldi dalam sambutannya menyatakan harapannya kepada para pendidik agar secara maksimal mempersiapkan anak didiknya, karena dengan Pandemi saat ini membuat masa yang akan datang atau masa depan datang lebih cepat. Ini menjadi tantangan untuk semuanya.

“Apa yang anak-anak sukai, buat dengan cara yang bijak sehingga muatan materi bisa sampai ke anak didik dengan kondisi saaat ini. Tinggalkan cara cara yang konservatif, bagaimana mempersiapkan masa depan sudah diperlihatkan melalui pagelaran hari ini,” ujar Renaldi yang juga adalah mantan Camat Cileungsi.

Dalam rangkaian acara tersebut PC24 Tellin juga membagikan beasiswa bagi siswa SDN Nyalindung yang berprestasi serta penghargaan dan support kepada Guru yang berdedikasi tinggi kepada sekolah setempat.

Disela-sela acara Jaja MPd sekretaris PGRI yang juga Kepsek SDN Limusnunggal 01 menyatakan apresiasi dan kebanggaannya dengan adanya sekolah penggerak serta pagelaran sekolah penggerak seperti Ekspose SDN Nyalindung hari ini.

“Ekspose hari ini memperlihatkan bahwa pendidikan utamanya di Cileungsi harus ada perubahan, dan ini merupakan suatu kegiatan yang bisa memotivasi sekolah sekolah lainnya, sekolah penggerak harus bisa menggerakkan sekolah lainnya seperti guru yang berkeadaban dan berkarakter sebagai bangsa Indonesia,” tutur Jaja yang juga Kabid kurikulum K3S Kecamatan Cileungsi.

Sesaat pasca acara, kepada para awak media, Kepsek SDN Nyalindung N. Tintin Rondasih MPd mengatakan SDN Nyalindung tahun 2021 lolos sebagai sekolah penggerak tingkat nasional program yang dicanangkan Menteri Pendidikan, dan akan terus diawasi selama 4 tahun.

“Selama 6 bulan dimentori atau per semester kami harus mempresentasikan hal hal apa saja yang sudah dilakukan, seperti yang sudah ditampilkan melalui pagelaran ekspose hari ini yang istimewanya disiarkan langsung Live Streaming Youtube Chanel SD negeri Nyalindung,” ujarnya.

Lanjutnya anak didik dipersiapkan mandiri- kritis- kreatif ketika mereka berada di masyarakat bisa berkontribusi dan juga bisa menghasilkan untuk dirinya sendiri, mereka dilatih dan karya-karyanya bisa dijual. “Tadi seperti sampah peduli bahan dari sampah dikreasikan sehingga bernilai jual,” ungkap Tintin.

Tintin menambahkan poin poin yang ditampilkan pada pagelaran Ekspose Profil Pelajar Pancasila antara lain:
1. Anak didik yang berwawasan global dan kebangsaan Bhinneka Tunggal Ika,
2. 2. Anak didik yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
3. 3. Mendisiplinkan anak didik terbiasa mengikuti pembelajaran, centernya sekarang adalah siswa, guru menjadi fasilitator, orangtua sebagai sub-komite.

“Kesan saya, pencapaian hasil per semester ini tercapai 50 %, karena 5 S = Senyum-Sapa-Salam-Sopan dan Santun belum terbiasa, karena mereka hanya 2 hari di sekolah selebihnya di rumah. Target setahun kedepannya anak didik akan diajarkan *anti narkoba* karena saat sekarang zamannya narkotika. Pada saatnya nanti anak akan cepat respon, ketika misal melihat orangtuanya merokok akan segera melarangnya dengan mengingatkan bahaya rokok kepada kesehatan tubuh dan asap rokok mengotori udara,” papar Tintin yang juga menjabat wakil Ketua PGRI Kecamatan Cileungsi.

Acara disupport oleh PC24 Telekomunikasi Indonesia, kerjasama dengan DPMD Kabupaten Bogor, Desa Mampir Kecamatan Cileungsi yang kedepannya diharapkan jadi Desa digital. Didukung penuh komite sekolah, tokoh masyarakat setempat sehingga acara berlangsung semarak dan sangat meriah. Juga ditampilkan performance 2 siswa/i kakak beradik SDN Nyalindung berprestasi dunia dibidang olah raga karate. Keduanya menjuarai karate di Brazil tahun 2020 dan juga juara di Malaysia beberapa waktu lalu, yakni Zahran dan Zahira yang saat ini duduk di kelas 3 dan kelas 6. (Gultom)