PeristiwaSumatera Utara

Kapolres Banjar bersama Wakil Walikota Banjar Cek Lokasi Bencana Alam di Wilayah Langensari

Banjar,detakmedia.com – Hujan deras dengan disertai angin kencang kembali melanda wilayah Kota Banjar yang mengakibatkan terjadinya bencana pohon tumbang dibeberapa wilayah. Wilayah yang terdampak cukup parah berada di wilayah kecamatan Langensari. Berdasarkan laporan awal yang masuk ke BPBD Kota Banjar, telah terjadi lebih dari 40 laporan kejadian yang diakibatkan hujan dengan disertai angin kencang.

Berdasarkan adanya laporan tersebut, Kapolres Banjar AKBP Ardiyaningsih, S.I.K.,M.Si. bersama Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S. Pd., terjun langsung meninjau beberapa lokasi bencana yang berada di wilayah Kelurahan Bojong Kantong. (31/01) Malam.

Dibawah rintik hujan, Kapolres Banjar bersama Wakil Wali Kota dengan didampingi oleh Kepala BPBD Kota Banjar meninjau beberapa titik lokasi bencana diantarannya, bencana Pohon tumbang yang menimpa Musola Nurul Islam yang berada di Lingkungan Margasari RT 05 RW 05 Kelurahan Bojongkantong serta lokasi rumah tertimpa pohon yang berada di lingkungan Langkaplancar RT 06 RW 01 Kelurahan Bojongkantong. (01/02)

Berdasarkan tinjauan di lapangan, Wakil Wali Kota menginstruksikan kepada seluruh tim tanggap bencana yang terdiri dari anggota TNI/Polri, Anggota PMI, Damkar, Tagana, Dinas Sosial, anggota satpol PP untuk melakukan koordinasi penanganan bencana yang bertempat di Pendopo Kelurahan Bojongkantong.

Dalam rapat koordinasi dibahas rencana penanganan bencana yang akan dilaksanakan besok hari dengan pengecekan jumlah personel serta peralatan yang diperlukan. Penanganan bencana sendiri dipimpin oleh Kepala Pelaksana BPBD Kota Banjar dengan posko utama berada di Kelurahan Bojongkantong.
Dalam arahanya, Wakil Wali Kota menuturkan penanganan bencana diperlukan perencanaan yang matang sehingga tidak membahayakaan para petugas.

“Penanganan bencana bukan hanya tugas BPBD saja, namun diperlukan sinergi dan kerjasama antar perangkat daerah sehingga beban seberat apapun dapat diatasi” Jelasnya.

Senada dengan Wakil Walikota Banjar, Kapolres Banjar mengatakan pihaknya turut menerjunkan tim dari untuk membantu evakuasi pasca bencana alam angin kencang tersebut.

“Tadi malam Kami cek lokasi pohon tumbang yang menimpa beberapa rumah warga, untuk itu hari ini Kami menerjukan tim untuk membentu evakuasi pasca terjadinya bencana alam tersebut” Ucap Kapolres Banjar.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala BPBD, Danramil Langensari, Kapolsek Langensari, Camat Langensari serta Kepala Desa dan Lurah se-Kecamatan Langensari. (Suryatno)

Loading