PendidikanSumatera Barat

SPD Menjadi Inovasi Kabupaten Bogor dan Pertama di Tingkat Nasional

Kab. Bogor, Detak Media.com

Program inovasi Sekolah Pemerintah Desa (SPD) Kabupaten Bogor yang dilakukan Bupati Bogor dan menjadi yang pertama di tingkat Nasional, Daman Huri Ketua Sekolah Pemerintah Desa (SPD) sangat mengapresiasi.

Daman Huri sebagai ketua SPD mengatakan, Program inovasi kabupaten Bogor yang spektakuler yang unggul di tingkat nasional, dan baru pertama di Indonesia dan menggandeng universitas Ternama di kabupaten Bogor.

“Dan memang itu keberanian dan kecerdasan ibu bupati, dan kalo bupati nya ga cerdas ga berani ya gak mungkin ada program inovasi inovasi seperti ini,” ucapnya, Jumat (11/2/22).

Ketua SPD sekaligus Kades Gunung Putri tersebut menyampaikan, Inovasi dari Kabupaten Bogor terhadap Sekolah Pemerintah Desa mudah mudahan Angkatan Pertama menjadi File Project, dan menjadikan Kabupaten Bogor ini menjadi terdepan di tingkat nasional.

“Sebagai meningkatkan SDM yang ada di pemerintahan desa, karena kalo mau membangun secara nasional, kan harus dari pinggir, dari desa, sekarang slogannya bukan membangun desa, tapi desa membangun, Nah dari peningkatan SDM itu lah sehingga menjadi desa Presisi, Dimana semua sudah terkoneksi perencanaan supaya mantap, karena ini untuk merencanakan pembangunan desa supaya terarah,” ucapnya

Harapannya, sebagai ketua angkatan pertama SPD kabupaten Bogor dari IPB university  kepada 40 Desa yang terpilih bisa menjadi motor penggerak untuk Kabupaten Bogor Terdepan di tingkat nasional di berbagai aspek bidang sehingga di dalam pengembangan kabupaten Bogor menjadi yang terbaik di se-nasional.

“Mudah mudahan dengan ilmu yang didapat bisa diaplikasikan output nya ke desa masing masing, Insya Allah mungkin dalam waktu dekat juga, saya akan berkordinasi dengan DPMD, untuk meminta arahan arahan lebih lanjut, untuk melanjutkan hasil dari pendidikan ini mau dibawa kemana arahnya, dan saya sangat mengapresiasi dengan adanya SPD ini karena memang inovasi yang luar biasa, dan hal yang baru juga di kabupaten Bogor,” ujarnya.

Bupati Bogor Ade Yasin, saat memberikan sambutanannya menjelaskan, Sekolah Pemerintahan Desa merupakan salah satu implementasi dari Karsa Bogor Cerdas dan Bogor Maju. Ia berharap, dengan mengikuti SPD, aparat desa mampu memberikan dampak kemajuan bagi desa.

“Kita ingin setiap desa paham betul apa yang harus dibangun, apa yang perlu ditingkatkan terutama pengembangan ekonomi, sehingga SPD ini penting sekali ini diikuti oleh para kepala desa,” ucap Bupati Bogor, Rabu (9/2/22).

Ade Yasin, meminta kepada para lulusan supaya hasil data desa presisi benar-benar diterapkan secara efektif dalam perencanaan desa masing-masing, agar pembangunan berjalan sesuai tujuan dan sasaran.

“Semoga SPD ini dapat membawa perubahan besar menuju tata kelola pemerintahan desa yang jauh lebih lebih baik demi tercapainya masyarakat desa yang maju mandiri dan sejahtera,” ujarnya. (Riyansyah)