Sumatera Barat

Bahas Pemekaran, Kades Wilayah Bogor Barat Gelar Diskusi Bersama Anggota DPRD

Kab. Bogor, Lensa Expose.com

Paguyuban kepala desa wilayah Bogor Barat mengadakan diskusi dalam rangka menjalin sinergitas dengan anggota DPRD kabupaten Bogor sekaligus membahas perkembangan tentang kemajuan wilayah Bogor Barat.

Diskusi antara para Kades dan anggota Dewan tersebut terfokus mengenai perkembangan wilayah Kabupaten Bogor Barat, bahkan program “Samisade” unggulan Bupati Bogor Ade Yasin dan juga tata ruang turut dibahas dalam diskusi tersebut.

Subhan, selaku Kepala Desa Situ Ilir yang saat ini menjadi wakil ketua Paguyuban Kades Se-Bogor Barat dan juga menjabat Ketua APDESI Kecamatan Cibungbulang mengatakan pihaknya sengaja mengundang anggota DPRD Kabupaten Bogor untuk berdiskusi bersama para kades sekaligus meminta saran dan pendapat serta dukungan untuk kemajuan Bogor Barat.

Menurut Subhan kemajuan suatu wilayah tersebut tentunya harus dibarengi dengan  tata kelola wilayah yang baik dan dukungan anggaran dari berbagai sumber.

Subhan menjelasan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari 14 Kecamatan hanya mencapai sekitar 175 milyar sedangkan APBD yang dikucurkan Pemkab Bogor sekitar 800 milyar pertahun ke desa desa, terangnya, Minggu (13/02/2022)

Wakil ketua DPRD H. Romli yang juga hadir pada pertemuan tersebut menjelaskan terkait PAD dari 14 kecamatan tentu mendorong para kades untuk mengusulkan kepada Pemkab Bogor membuat tata kelola yang bisa menghadirkan para Investor untuk kemajuan Bogor Barat.

“Diskusi ini akan menjadikan harapan para Kepala Desa untuk kemajuan Bogor Barat, dimana DPRD mempunyai fungsi dan tugas dalam membentuk peraturan daerah serta menentukan anggaran yang dikucurkan bersama Kepala Daerah,” ujarnya.

Lebih lanjut Subhan mengatakan, fungsi DPRD selain membentuk peraturan juga melakukan pembahasan dan memberikan persetujuan rancangan peraturan daerah mengenai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang diajukan oleh kepala daerah serta melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan daerah dan APBD serta menyetujui program program yang diajukan para kades melalui RKPedes.

Subhan berharap, dengan fungsi yang dimiliki oleh DPRD bisa mengakomodir semua permasalahan yang secara langsung diusulkan oleh masyarakat dapat terealisasi.

“Karena Bupati, Dewan serta kepala Desa pun sebagai pejabat politik yang dipilih oleh masyarakat, tentunya mempunyai tanggung jawab untuk warga masyarakat yang mengamanatkan,”paparnya.

Sementara Wakil ketua DPRD kabupaten H. Romli dari Fraksi PPP memberikan harapan yang sama, agar Kepala Desa dan Dewan terus terjalin untuk membuat langkah – langkah kemajuan Kabupaten Bogor.

Romli juga menyampaikan apresiasi kepada Ibu Ade Yasin yang telah memenuhi janji politik untuk kemajuan Desa – Desa di Kabupaten Bogor melalui Program SamiSade.

“Adanya Program SamiSade dalam rangka mendorong percepatan pembangunan Desa, dengan diskusi ini kita harapkan seluruh kepala desa bisa bersinergi dengan Pemkab dan DPRD untuk kemajuan Kabupaten Bogor,”pungkasnya. (Irfan Lubis)