PemerintahanSumatera Barat

Pemdes Cileungsi Kidul Kec. Cileungsi Realisasikan BLT DD TA 2022 Kepada 137 KPM

Kab. Bogor, Detakmedia.com

Pemerintahan Desa (PemDes) Cileungsi Kidul Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor, merealisasikan  Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD TA 2022  3 bulan sekaligus Januari, Februari dan Maret,  dengan membagikannya langsung  kepada 137 KPM di Kantor Desa setempat Jumat 18/3/2022.

Sekdes Cileungsi Kidul Dimas Anugrah SE  yang didampingi Kasi Kesra Dewi , Kaur Keuangan H Mahdi dan staf Desa lainnya memimpin secara langsung penyaluran BLT DD TA 2022 ini.

Selain perangkat Desa acara ini pun dihadiri Babinsa Cileungsi Peltu Edi Nuryo , anggota Satpol-PP Dicky,, Bhabinkamtibmas Aipda H Usm.

Kepada awak DetakMedia.com Sekdes Cileungsi Kidul, Dimas Anugrah SE mengatakan jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) mengalami kenaikan dari   tahun sebelumnya, yakni 114 KPM menjadi 137 KPM untuk TA 2022, sesuai kesepakan dalam Musdesus tertanggal 8/2/2022 lalu.

“Kenaikan ini didasarkan pada Surat edaran Bupati Bogor tertanggal 20 Januari 2022 juga Perpres 104 Tahun 2021 tentang alokasi Dana Desa minimal 40 % untuk BLT,   dan untuk Desa Cileungsi Kidul prosentase BLT DD mencapai 45 % dari Dana Desa.

“Alhamdulillah hari ini kita dapat menyalurkan bantuan ini kepada warga yang berhak dan terdaftar sebagai penerimanya. Kita dapat melihat antusiasme KPM tadi dan mereka merasa senang dapat menerima 3 bulan sekaligus atau Rp 900.000.  Mudah-mudahan KPM terbantu dan menggunakan bantuan tersebut untuk kebutuhan pokok,” pungkas Dim.

Sementara itu Kades Cileungsi Kidul Rudi Sukarya SE, ditempat terpisah menyatakan bersyukur pihak PemDes sudah  mendapatkan dana alokasi  untuk BLT DD untuk  itu pihaknya segera  merealisasikannya dengan cepat kepada KPM yang telah disepakati.

“PemDes Cileungsi Kidul memastikan adanya  *pemerataan tidak tebang pilih*, terhadap warga sesuai aturan Pemerintah, masyarakat miskin yang harus mendapatkannya tidak salah sasaran, dan kita berharap KPM nya memanfaatkan untuk kebutuhan pokok apalagi saat ini menjelang bulan Ramadhan harga kebutuhan pokok cenderung bergerak naik,” pungkas Rudi.

Untuk diketahui bahwa dari pantauan awak media, pihak PemDes Cileungsi Kidul adalah Desa pertama  di Kecamatan Cileungsi yang menyalurkan BLT DD  dan bisa jadi juga untuk Kabupaten Bogor pada umumnya. Kucuran Dana Alokasi BLT DD TA 2022,  diapresiasi bendahara Desa Cileungsi Kidul H Mahdi seperti yang diutarakan beberapa hari lalu kepada awak media ini. (Tom)