PemerintahanSumatera Barat

Jelang Puasa, Pemdes Mampir Salurkan BLT-DD 3 Bulan Sekaligus Untuk 118 KPM

Bogor,Detakmedia.com – Menjelang Ramadhan Pemerintahan Desa (Pemdes) Mampir Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ( BLT DD ) TA 2022, 3 bulan sekaligus Januari, Februari dan Maret kepada 118 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang diberikan langsung kepada KPM nya di pelataran Kantor Desa Mampir, Sabtu 02/04/2022.

Acara yang dimulai pagi sejak jam 9.00 WIB tersebut secara tertib dan menerapkan Prokes sebanyak 118 KPM mendatangi Kantor Desa Mampir untuk menerima bantuan senilai Rp 900.000 untuk triwulan Januari, Februari dan Maret.

Asep Supini selaku Kepala Desa Mampir kepada awak media menyatakan pihaknya tetap menyesuaikan dengan “Perpres 104 Tahun 2021 dan Surat Edaran Bupati Bogor” bahwa alokasi Dana Desa untuk BLT DD yaitu sebesar 40%, yang ditujukan untuk masyarakat terdampak Covid-19 yang masih dirasakan sampai saat ini,” ujarnya.

Kades Asep Supini pun berharap kepada warganya yang menerima bantuan BLT-DD saat menjelang awal bulan puasa di bulan Ramadhan agar selalu bersyukur dan bisa memanfaatkan bantuan dengan sebaik-baiknya, yang mana saat ini lagi kekurangan secara ekonomi bisa terbantu

“Saya minta KPM bisa bersinergi dengan Pemerintah. Mungkin ada tetangganya atau saudara nya yang belum dapat bantuan, kita sama-sama bersosialisasi menjaga kondusif karena dengan anggaran yang terbatas tidak semua mendapatkannya, masyarakat yang sudah dapat selalu bersyukur dan yang belum bisa bersabar dan dapat melapor ke lembaga aparat Pemerintah RT dan RW yang mudah-mudahan kita bantu pada bantuan yang lain”, pungkasnya.

Sebagai informasi pada saat Musdes Jumat 14 Januari 2022 lalu beberapa hal sudah disepakati bersama yakni: antara lain: penetapan 118 KPM, sesuai porsi BLT DD TA 2022 sebesar 40% yang diatur Perpres 104 Th 2021.

Data KPM akan divalidasi dan akan diumumkan secara transparan, serta APBDesTA 2022 di tetapkan sebesar Rp 3.668.789.896, sudah termasuk SaMiSade sebesar Rp. 877.726.250.

Perincian APBDes 2022 akan dibuatkan pada baliho dan dipampang pada papan reklame Billboard bantuan Pemprov Jawa Barat beberapa waktu lalu. Lalu dilanjutkan penandatanganan berita acara hasil Musdes saat itu oleh Kades Asep Supini, Sekdes Ricky Aditya dan Ketua BPD. (Tom)