KesehatanPemerintahanPendidikanSumatera Utara

Gandeng Puskesmas Pataruman III, Pemdes Sinartanjung Sosialisasi Kesehatan Gigi Pada Anak Usia Dini

Banjar,detakmedia.com – Sangatlah penting terkait edukasi dini terhadap kesehatan gigi, hal tersebut dijadikan landasan edukasi terhadap anak usia dini yang laksanakan diaula desa sinartanjung, Kamis (09/06/22).

Saat mengkonfirmasi kepala desa, Asep Hendra Sugiharto Amd, melalui kasi kesejahteraan Bambang menyampaikan Sosialisasi Kesehatan Gigi Anak dalam kegiatan Penyelenggaraan Desa Siaga Kesehatan Tahun 2022.

Jumlah peserta 175 orang anak dari anak PAUD atau TK yang didampingi orang tua. Dengan Narasumber Drg. Nikita dari Puskesmas Pataruman 3.

Sosialisasi dan pembinaan kesehatan gigi anak ini salah satu terobosan kepala desa dibidang pembinaan kemasyarakatan desa khususnya pembinaan anak-anak usia dini.

Pelaksanaan 2 hari tgl 8-9 Juni 2022.

Tgl 8 peserta :

1. PAUD SINARTANJUNG

2. PAUD NANJUNGSARI

Tgl 9 peserta :

1. PAUD MANDALASARI

2. PAUD PUSPASARI

3. TK. NANJUNGSARI

Dalam kegiatan ini anak-anak diberi susu sebagai pemberian makanan tambahan (PMT) pra sekolah dan paket pasta gigi anak. Tujuan Kegiatan ini adalah untuk mengenalkan kepada anak tata cara sikat gigi yang benar.

“Tujuan kegiatan ini untuk orang tua adalah orang tua berperan penting dalam menjaga kesehatan gigi anak setidaknya sampai anak sadar untuk menjaga kesehatan gigi dan mulutnya sendiri, serta orang tua dapat memiliki pengetahuan umum tentang kesehatan gigi dan mulut anak.

Karena semua anak-anak akan tumbuh menjadi dewasa dan kesehatan selama masa kanak-kanak dapat mempengaruhi kesehatannya di usia dewasa termasuk kesehatan gigi dan mulut,” pungkasnya.

Saat mengkonfirmasi salah satu orang tua anak,yani menyampaikan terima kasih terhadap desa yang telah memfasilitasi edukasi terhadap anak sedari dini.

“Semoga kegiatan ini berkesinambungan,ilmu yang kami peroleh tentu sangat bermanfaat untuk kami dalam menyampaikan, memperlakukan anak agar timbulnya kesadaran untuk merawat gigi dengan mandiri.

Semoga desa sinartanjung semakin sukses dan lebih banyak inovasi untuk masyarakat,” pungkasnya. (Suryatno)