PemerintahanSumatera Barat

Pemdes Cikeas Udik Mengadakan Sosialisasi Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN)

Gunung Putri,Detakmedia.com – Pemdes Cikeas Udik memfasilitasi Nakes dalam sosialisasi program BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional) terutama untuk TP. PKK dan kader posyandu, se-Desa Cikeas Udik Kec. Gunung Putri Kabupaten Bogor di Aula Desa setempat, Jumat (17/6/22).

Narasumber yang hadir Nakes dari Provinsi dan Puskesmas Gunung Putri. Acara dibuka resmi oleh Kades Cikeas Udik Miptahul Palah, SE yang didampingi oleh Babinsa Sertu Arif Rama P, Bhabinkamtibmas Bripka Uus Supriatna. Juga hadir Kepala Puskesmas Gunung Putri dr Prima Arta Tarigan. Peserta acara kegiatan sosialisasi adalah Kader Tim.Penggerak PKK, Kader posyandu juga diikuti para Kadus, RT RW, Karang Taruna, BPD, LPM dan tokoh masyarakat Desa setempat.

Disela-sela kegiatan tersebut, Imam Artha Kusuma.S.Kom, selaku Sekdes kepada awak media mengatakan bahwa acara ini untuk memenuhi program Pemerintah terkait pentingnya meningkatkan kesadaran, dan kewaspadaan sampai ke tingkat masyarakat melalui ujung tombak para kader PKK dan posyandu dan dukungan PemDes, sehingga pelaksanaan imunisasi dapat berjalan dengan baik.

“Harapan kita sama dengan harapan Pemerintah selain tetap mewaspadai Covid-19 dan tetap menjaga Prokes sesuai amanat Bapak Kades tadi, kita ingin supaya tingkat imunisasi anak dapat meningkat, melalui 27 posyandu dengan 100 orang lebih kadernya yang kita miliki”, ujarnya.

Selain pemaparan tentang BIAN juga diisi dengan sesi tanya jawab. Nakes juga mengingatkan akan bahaya Demam Berdarah (DB), selain Covid-19, diharapkan tetap waspada.

Sementara itu pasca acara Kades Miptahul Palah menegaskan dukungan penuh PemDes Cikeas Udik terhadap acara dan pelaksanaan BIAN ini serta menekankan perlunya dukungan kerjasama untuk kegiatan ini dari seluruh pemangku kepentingan Desa Cikeas Udik, perangkat Desa, RT, RW dan lembaga BPD dan LPM.

Seperti diketahui bahwa Program BIAN bertujuan melindungi anak Indonesia dari penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.

Imunisasi tambahan campak, rubela untuk usia 9 bulan- kurang lebih dari 12 Tahun BIAN diberikan di Fasyankes (Fasilitas Pelayanan Kesehatan) antara lain Puskesmas, Rumah Sakit, Sekolah dan Pos Imunisasi lainnya mulai sejak bulan Mei 2022. (Tom)

Loading