Reuni Akbar Perpugama Jalin Silaturahmi Kekeluargaan

Megamendung | Detakmedia.com

Ratusan orang bersuka ria alias penuh kebahagiaan saat mengikuti reuni akbar Perpugama (Perkumpulan Purnabakti Pegawai Mahkamah Agung) bertajuk “Menjalin Persahabatan Yang Bahagia Bersama Perpugama”

Sekretaris Panitia Pelaksana, Sumarni Marzuki SH., MH kepada awak media mengatakan, acara dilangsungkan di Megamendung, Kabupaten Bogor pada Sabtu dan Minggu (25-26, Juni 2022).

“Seluruh pesertanya sebanyak 201 orang, tetapi yang hadir sebanyak 120 orang. Setiap peserta diberikan seragam, topi dan tanda peserta, makan siang dari pagi sampai besok siang,” jelas Sumarni, Sabtu (25/6/2022).

Ia menambahkan, pada kartu tanda peserta, dibagian belakangnya ada sebuah nomor untuk mendapatkan doorprize. Adapun dana pelaksanaannya berasal dari panitia dan anggota, partisipasi sebesar Rp.12.600.000.

“Seluruh pendanaan tersebut akan dimasukkan kedalam kas Perpugama. Seharusnya acara ini dilaksanakan tanggal 12 Mei 2022, namun karena kegiatan ini kemarin masih dalam proses legalisasi, maka acara baru dilaksanakan sekarang,” jelasnya.

Lebih jauh Sumarni mengatakan, kegiatan Perpugama berikutnya adalah berqurban.

“Perpugama menerima sapi yang beratnya 700 kg, dimana rencananya perpugama akan kurban 2 ekor sapi,” tandasnya.

Sementara itu disela-sela reuni Perpugama berlangsung, Dr. Siti Nurzanah SH. ,MH mengatakan reuni Perpugama memberikan kesan istimewa.

“Dengan adanya acara ini, kita bisa bersilaturrahim kembali dengan kawan-kawan dari Mahkamah Agung. Kesannya, lebih banyak sukanya daripada dukanya. Kesan kekeluargaannya cukup baik dan cukup hangat. Bisa bernostalgia sehingga bisa bertemu dengan semuanya di masa pensiun ini,” ungkap Dr. Siti.

Pesan sesama purnabakti, imbuhnya, orang yang sudah pensiun selalu menunggu uang pensiun. “Intinya adalah selalu bersyukur yang dikaitkan dengan agama kita masing-masing. Manfaatkan waktu dengan penuh dengan mengisi kesenangan atau hobi,” ucapnya.

Acara dihadiri Ketua Perpugama baru Darsi Akip SH, MH, Kepala Badan Diklat Litbang Mahkamah Agung Bambang SH. MH.

“Buah jari buah semangka, dimakannya bersama sama, wajah berseri tanda bahagia mari kita selalu semangat. Intinya tetap semangat, bahagia dan membahagiakan orang lain,” ungkap Darsi Akip dalam sambutannya.

Ia pun berpesan agar Perpugama harus tetap eksis dan tetap melakukan kegiatan secara kontinyu.

“Jadikan kegiatan ini sebagai ajang CLBK (cinta lama bersemi kembali). Dan semua membawa kebaikan bersama melalui silaturrahim. Perpugama selalu membawa keberkahan, kemaslahatan kepada masyarakat.

Dan programnya bisa terlaksana dengan baik dan sukses. Dan menjadikan moto penggerak untuk semua pegawai di Mahkamh Agung. Silaturrahim ini semoga menjadi kesan yang terindah selama totalitas bekerja,” ungkap Darsi.

Sementara Ketua Mahkamah Agung RI, Prof. Saepudin SH., MH melalui virtual mengucapkan selamat atas terbentuknya Perpugama. “Sekali layar terkembang, pantang untuk mundur ke belakang,” ujarnya.

Sebelumnya Ketua Perpugama periode 2011-2021 dijabat Sardan SH. Kemudian periode 2022-2025 akan diketuai Darsi Akip SH., MH.

Ketua Perpugama periode 2011-2021, Sardan SH mengemukakan, sejak April 2020, kegiatan dari Perpugama terhenti sementara karena kendala Covid-19, namun dengan keterbatasan yang ada, semua program tetap berjalan, di antaranya adalah simpanan koperasi Perpugama.

“Semoga dengan kepemimpinan yang baru, Perpugama tambah semangat dan semakin maju,” ucapnya.

Sementara Ketua Umum Perpugama periode 2022-2025, Darsi Akip SH., MH menyampaikan visi misi yang harus dikerjakan ke depan.

“Dan harapannya Perpugama semakin solid dan maju. Jauh di mata namun dekat di hati,” pungkasnya. (Tom)