Sembelih Hewan Qurban Idul Adha 1443 H, Begini Makna dan Hikmahnya

CISEENG,Detakmedia.com – Hadirin jamaah Idul Adha yang dimuliakan Allah Swt, pada hari raya Idul Adha yang berbahagia ini, ummat Islam di seluruh dunia mengumandangkan kalimat takbir, tahmid, tasbih untuk mengagungkan Allah SWT dan berkurban.

Hal tersebut disampaikan oleh Nanang Isom selaku Wakil Kepala Pondok Pesantren AL-Mukhlishin saat menyampaikan khutbahnya pada pelaksanaan shalat sunnat Idul Adha yang digelar di Mesjid AL-Mukhlishin Ciseeng Bogor, Minggu pagi (10/07/2022).

Menurutnya, karena ibadah Qurban yang dilaksanakan semangat membangkitkan pada setiap musim haji ini, menunaikan shalat sunnat tepatnya sesudah Idul Adha untuk mengingatkan akan pengorbanan dan pengabdian sebuah keluarga yang amat patuh melaksanakan perintah Allah SWT, yaitu kisah keluarga Nabi Ibrahim AS merupakan sejarah kemanusiaan yang paling berat di dunia ini. Bahkan lebih berat dari ujian-ujian kehidupan yang kita rasakan saat ini.

Penerimaan hewan qurban dari para donatur kepada Ketua Umum Yayasan Yatim Piatu/Pondok Pesantren AL-Mukhlishin Ciseeng Bogor, Ir. Iin Indraningsih Abidin.

“Karena tingkat ketaqwaan yang tinggi, dan perintah itu dilaksanakan oleh Nabi Ibrahim AS dengan ikhlas untuk mengharapkan keridhoan Allah SWT. Ibadah Qurban mempunyai makna yang sangat dalam dilakukan atas dasar semangat taqwa atau berserah diri kepada Allah SWT,” terangnya.

Dikatakannya, bukan hanya menyembelih hewan qurban untuk meredakan kemurkaan Allah, dan penebusan dosa mengandung perintah agar kita rela tetapi untuk mengabdikan diri didalam berbagai kegiatan ibadah yang mengandung nilai-nilai dakwah dan syiar Islam sebagai lambang keikhlasan hati untuk melaksanakan pengabdian dalam kehidupan dan segala sesuatu yang dimiliki guna menegakkan ajaran Allah di muka bumi.

“Oleh karena itu, hari raya idul qurban merupakan hari raya yang memiliki dimensi sosial atau kemasyarakatan yang sangat dalam makna dan hikmahnya. Hal ini dapat dilihat ketika pelaksanaan pemotongan hewan qurban, para mustahik berkumpul untuk menerima daging qurban-nya serta bersama sama berkumpul silaturrahmi di tempat penyembelihan,” ucapnya.

Mereka satu sama lain saling berinteraksi dalam perasaan kegembiraan yang sama. Luapan kegembiraan di hari itu, menjadi kebahagiaan yang hakiki dengan tulus ikhlas memberikan pengakuan, bahwa manusia itu sebagai hamba Allah, dan kelak akan kembali kepada-Nya, tambahnya.

Yayasan Yatim Piatu/ Pondok Pesantren AL-Mukhlishin Ciseeng-Bogor.

“Syukur Alhamdulillah, walaupun semua umat Islam diberbagai negeri di uji kesabaran dengan wabah penyakit dan suasana perekonomian kita pun saat ini dirasakan kurang menggembirakan, namun berkat do’a kita semua dan stimulus Idul Qurban dapat menggugah kesadaran kaum muslimin, terutama perhatian yang besar untuk para donatur maupun para dermawan yang sudah menyumbangkan hewan qurban-nya,” ungkapnya.

Adapun para donatur yang menyumbangkan hewan qurban ke Pondok Pesantren AL-Mukhlishin Ciseeng Bogor diantara lain dari Bapak Joko Mulyono bin Harsono, Bapak Dr. Ir. H Akbar Tanjung, Ibu dr. Ariyani Sudharmono, SpKK (K), Bapak Tantyo AP Sudharmono, MBA, MSC, Almarhum Bapak Dr. H. Djaenuri Zaenal Abidin, MM, Bapak Ir Ahmad Rulantova Lukmansyah,

Bapak Fajar Rahmadi Bekasi, Bapak Ismeth Wibowo Untuk Almarhum Bapak H. Waskito Reksosoedirdjo Bin Wahid Reksosoedirdjo, Ibu Pupu Asaari, Bapak Dr. H. A. Baidhowi, MAg, Bapak Ir. Mustofa Daeng Sarrang, Ibu Zakiyah Binti Salim, Akbaria Noor Riza Binti Zaenal Abidin, Ibu Maemunah SE Binti H. Masyadaah penyembelihan hewan qurbannya di Pondok Pesantren AL-Mukhlishin Ciseeng Bogor ini.

“Tahun ini hewan-hewan qurban yang diterima oleh Panitia Pelaksana Qur’ban Pondok Pesantren AL-Mukhlishin sebanyak 4 ekor sapi dan 17 ekor kambing,

Kami seluruh keluarga besar Yayasan Yatim Piatu/Pondok Pesantren AL-Mukhlishin menyampaikan rasa syukur ke hadirat Allah SWT yang telah banyak memberikan kemudahan kepada Lembaga Pendidikan Islam AL-Mukhlishin ini.

Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para dermawan yang telah mempercayakan penyembelihan hewan qurban-nya kepada Pondok Pesantren AL-Mukhlishin. Terima kasih juga disampaikan kepada Ketua panitia dan para panitia pelaksana Qur’ban, yang kiranya dapat saling bahu membahu, bekerja sama dan sama-sama kerja melaksanakan kegiatan mulia dalam penyembelihan hewan qurban amanah dari para dermawan ini.

Dengan iringan doa, semoga hewan-hewan qurban yang merupakan amal ibadah Bapak bapak/Ibu-ibu sekeluarga itu diterima dan mendapatkan limpahan pahala yang berlipat ganda serta diberikan rezeki berlimpah penuh keberkahan, selalu dimudahkan dalam segala urusannya dengan berkah selamat dalam perlindungan Allah SWT sehingga Allah SWT mengangkat wabah penyakit pandemi dibersihkan di muka bumi ini. Amin Yarrobbal Alamin.

Kami segenap keluarga besar Yayasan Yatim Piatu/Pondok Pesantren AL-Mukhlisin menyampaikan Selamat Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah Tahun 2022 dan mengucapkan Mohon Maaf Lahir Batin,” tutupnya. (*)

 

Penulis : Nanang Isom
Editor : Rudy