Sekdakab Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis Tinjau Pembangunan Pasar Talang Padang

Tanggamus | Detakmedia.com

Hamid Heriansyah Lubis Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis meninjau pembangunan Pasar Talang Padang yang akan diresmikan oleh Bupati Tanggamus pada Rabu 27 Juli 2022 mendatang, Sekdakab serta perwakilan dari pihak pengembang melihat dari setiap sudut-sudut bangunan tersebut, Senin (25/7/2022).

Turut mendampingi dalam peninjauan tersebut Kepala Bappelitbang Tanggamus Hendra Wijaya Mega, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Riswanda Djunaidi, Kepala Diskoperindag Herri Heryadi dan Camat Talangpadang Agustam Hamied. Sementara dari PT Lingga Teknik Utama sekalu pengembang pasar nampak Site Engineer PT Litekma Reni Triana Widastuti dan Marketing Verifano Febrian.

Bangunan pasar tradisional modern ini nampak terlihat luas dan megah selain toko tempat berjualan juga dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas lainya seperti tempat parkir, mushala, beberapa ruang kantor dan lainya. Dari peninjauan tersebut nampak dari pihak pengembang mempresentasikan dari bagian pembangunan pasar yang telah di selesaikan tersebut.

Saat mendatangi ruang kantor kordinator Satlak Pasar Talang Padang Sekda mengharapkan kondisi kantor harus baik dimana nantinya akan ada pengadaan baik itu Komputer jaringan WiFi karena Talang Padang ini akan dibuat managemen pasar yang lebih modern lagi.

Dalam kesempatan itu Sekda menghimbau warga untuk disiplin dalam membuang sampah serta menjaga kebersihan.

“Harapannya yang paling utama adalah masyarakat kita akan semakin nyaman pergi kepasar sehingga roda perekonomian semakin menggeliat, kemudian pemerintah daerah akan lebih mudah memantau kondisi harga.

Juga kami mengharapkan dukungan masyarakat baik di pasar maupun lingkungan pasar salah satunya untuk disiplin dalam membuang sampah, karena jika kita membuang sampah sembarangan maka akan akibatkan sumbatan pada aliran air siring atau drainase tentu itu juga pemicu akan terjadinya genangan atau banjir di pasar ini,”katanya Hamid H Lubis.

asih katanya Sekdakab, “dalam waktu dekat ini kami akan melaksanakan rapat tekhnis untuk menentukan pemerintah daerah melakukan apa, kemudian yang menjadi tanggung jawab pengembang apa, agar tidak ada tumpang tindih disini dalam pelaksanaan operasionalnya pasar ini.

Seperti contoh dinas Lingkungan Hidup bagaimana pembuangan sampah sementara sampai akhir walaupun itu menjadi tanggung jawab Camat Talang Padang tetapi tetap menjadi pembinaan dan pengawasan pemerintah kabupaten ataupun LH, kemudian PU juga akan melaksanakan kajian yang utama akan melaksanakan penalutan siring yang ada di sayap kanan ini juga akan dilaksanakan tahun 2022 ini juga.

Perhubungan ini juga akan lebih menertibkan untuk perparkiran karena ada retribusi disitu. Nah dengan demikian ini harus sama-sama berjalan baik dari pengembang maupun dari pemerintah daerah. Termasuk kantor yang mewakili representative dari pemerintah daerah kantor pelaksana atau kordinator dari pasar yang ada di Talang Padang ini.

“Saya minta perbaiki tata kelolanya dan bersifat transparan dan amanah tidak ada kutipan-kutipan tanpa regulasi yang jelas tanpa kesepakatan dengan pengembang, sampai nantinya pengembang ini bekerjasama selama 25 tahun, tolong ini dijaga dengan baik ananahnya pasar kita sudah baik infrastrukturnya,”jelasnya.

Terkait dengan adanya pasar sementara yang berlokasi di sekitar depan kantor Camat Talang Padang Sekda minta pihak pengembang untuk memfasilitasi perpindahannya.

“Dan saya minta PT Lingga tetap memfasilitasi perpindahan dari pasar sementara yang berada di sekitar kantor camat Talang Padang, semua harus pindah kesini karena berdasarkan tata ruang itu tidak diperuntukkan untuk pasar jadi tidak akan bisa dikeluarkan Izinnya, hanya sementara saja karena pasar ini kondisi sedang dibangun,”tandasnya. (Masri Sp/Ady)