SMPN 2 Taraju Laksanakan Kegiatan MPLS

Kab,Tasikmalaya, Detak Media.com

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) diperlukan dalam rangka penerimaan siswa baru di sekolah untuk mendukung proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah adalah kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur (budaya) sekolah.

Pelaksanaan MPLS bagi siswa baru dilakukan dalam bentuk kegiatan yang bersifat edukatif, menarik, dan kreatif untuk mewujudkan sekolah sebagai taman belajar yang nyaman bagi mereka. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dimulai pada 11 Juli 2022.

Maka untuk itu SMPN 2 Taraju sebagai lembaga pendididikan yang ada di Kabupaten Tasikmalaya saat ini tengah melaksakan kegiatan MPLS. Dibuka langsung oleh kepala SMPN 2 Taraju Drs. H. Irianto, M.Pd

Nana Suryana S.Pd selaku wakasek Kesiswaan yang di dampingi Drs. H. Irianto, M.Pd Selaku kepala sekolah mengatakan, “kegiatan tersebut guna melaksanakan permendikbud nomor 18 tahun 2016 tentang masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) yaitu, mengenali potensi peserta didik baru, serta membantu beradapatasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilatas umum, dan sarana prasarana, selain itu juga dengan kegiatan MPLS ini, bisa memberikan motivasi, semangat dan cara belajar efektif “ katanya

Nana Juga menambahkan, dengan adanya MPLS mudah mudahan dapat membangun interaksi positif antara peserta didik dan warga sekolah, dan juga bisa menumbuhkan prilaku positif, antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan peserta didik yang memiliki itergritas, etos kerja tinggi, dan semangat gotong royong. Maka untuk itu Harapan kami nanti di akhir kegiatan ini muncul karya-karya inovatif peserta yang terlahir dari bakat dan kompetensi mereka, pungkasnya.

Pewarta : Yayat