PemerintahanPendidikanSumatera Barat

Kwaran Gerakan Pramuka Kec. Cileungsi Peringati Hari Jadi Pramuka Ke-61 Tahun

Cileungsi | Detakmedia.com

Hari jadi Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Ke-61 Tahun sekaligus peringatan 110 tahun keberadaan gerakan kepanduan di bumi Indonesia telah ada sejak tahun 1912, diperingati oleh Kwartir Ranting (Kwaran) Cileungsi di Minggu di halaman kantor Kecamatan Cileungsi Kab.Bogor, Minggu 14/8/2022.

Hal ini diinformasikan oleh Ketua Kwaran Gerakan Pramuka Kec. Cileungsi Mustopa SPd kepada Detakmedia.com beberapa saat selepas upacara peringatan dan syukuran yang digelar di halaman dan aula kantor Kec. Cileungsi.

Mustopa menyampaikan bahwa gelaran upacara dihadiri oleh Camat Cileungsi Adhi Nugraha SSTP selaku Mabiran (Majelis pembimbing ranting), H. Iwan Setiawan MPd (Ketua K3S), Nana Mulyana MPd (Ketua PGRI Kec.Cileungsi), para Kepala Sekolah sekaligus Mabigus (Majelis pembimbing gugus) antara lain Tintin Rondasih MPd yang juga Wakil Ketua bidang Umum Kwaran Cileungsi, Jaja MPd (Kepsek SDN Limusnunggal 01) dan Kepsek lainnya, para pembina adik adik perwakilan sekolah, dan para Andalan.

Adhi Nugraha selaku Mabiran membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Drs Budi Waseso yang pada intinya mengajak seluruh elemen yang ada dalam keluarga besar Pramuka pada perayaan hari jadi ke-61 di Tahun 2022 ini sesuai Tema: “Mengabdi Tanpa Batas Untuk Membangun Ketangguhan Bangsa” untuk mengabdi tanpa batas di berbagai bidang.

Pandemi Covid-19 memang belum berakhir tetapi sudah melandai artinya memberikan ruang dan kesempatan yang lebih untuk dapat mengadakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan bersifat membangun.

Ketua Kwarnas Budi Waseso yang akrab disapa Buas menambahkan pihaknya juga menyampaikan terimakasih atas kontribusi dan support seluruh jajaran anggota Pramuka, dalam penegakan Prokes selama masa Pandemi Covid-19.

Selain mengucapkan Dirgahayu Pramuka, Buas juga menyampaikan berbagai kegiatan Pramuka dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-61 antara lain Jambore Nasional (Jamnas) XI Tahun 2022, di Buperta Cibubur dari tanggal 14-21 Agustus yang diikuti oleh kontingen seluruh Indonesia dan juga gugus depan perwakilan RI di luar negeri.

Sementara itu untuk Kwaran Gerakan Pramuka Cileungsi Mustopa mengungkapkan berbagai kegiatan sudah digelar menyambut hari jadi ke-61 tahun, beberapa hari lalu yakni acara Gebyar Pramuka di MMC, aneka lomba; Pramuka siaga lomba mewarnai, pramuka penggalang lomba tari dan kreasi, tingkat SMP dan SMK juga lomba tari dan kreasi dan ada juga lomba hapal Pancasila dan UUD’45.

Lanjutnya sangat bersyukur , selama 2 tahun off kegiatan karena pandemi, tetapi kali ini dapat menggerakkan kembali kegiatan kegiatan Pramuka khususnya di Cileungsi.

Sebagai ungkapan rasa syukur, selepas upacara peringatan di halaman, acara dilanjutkan di aula kantor Kecamatan dengan menggelar acara pemotongan tumpeng oleh Mustopa selaku Ketua Kwaran dan didampingi oleh Tintin Rondasih Wakil Ketua bidang Umum serta Mabiran Adhi Nugraha.

Mustopa sekaligus menyampaikan apresiasinya atas dukungan Mabiran, Mabigus seluruh Kepsek. Dirinya berharap kedepannya Kwaran Gerakan Pramuka Kec Cileungsi bertambah baik, semua program dapat terlaksana dengan lancar, mengabdi dan bermanfaat bagi sesama. (Irfan Lubis)

Loading