Bhabinkamtibmas Kelurahan Pataruman Siaga Pantau Debit Air Citanduy

Banjar | Detakmedia.com

Akibat curah hujan yang cukup tinggi, bhabinkamtibmas kelurahan pataruman Aipda Ari Aminudin monitoring di bantaran Sungai Citanduy Kelurahan Pataruman Kecamatan Pataruman dari pagi sampai malam senin (13 september 22).

Khawatir intensitas curah hujan tinggi di hulu yang sempat menimbulkan banjir akibat luapan air sungai citanduy.

Bhabinkamtibmas kelurahan pataruman Aipda Ari Aminudin melakukan monitoring dari pagi sampai malam hari dilokasi yang berdekatan dengan bantaran sungai dari senin pagi.

Kapolsek pataruman, AKP Hadi winarso S.sos menyampaikan untuk setiap anggota harap berkoordinasi dengan para pihak lainnya terkait gejala aya yang terjadi.

Dengan intensitas curah hujan tinggi yang sudah menyebabkan kiriman air bertambah hingga meluap dan menyebabkan banjir.

Salah satu titik banjir yang terus dipantau yaitu di wilayah bantaran sungai citanduy dari areal belakang RSUD sampai ke wilayah sinartanjung.

“Jadi diharap untuk tetap monitor kondisi desa binaan ketika ada hal yang menimbulkan bahaya segera laporkan dan tindak lanjut dengan laporan ke BPBD. Agar tidak timbulnya korban jiwa dari dampak yang terjadi,” tutur Hadi.

Warga blok I, Andi menyampaikan bahwa dirinya sangat berterima kasih sekali dimana anggota bhabinkamtibmas dapat terjun langsung dan melakukan pengecekan dini guna menghindari potensi bahaya.

Hujan yang terus menerus dari hari sabtu sampai menyebabkan genangan di blok I sampai ketinggian 1 meter.

“Semoga hujan di hulu tidak begitu lebat agar air kiriman dapat normal,selain itu hujan ini semoga jadi berkah dan menghindarkan bahaya dari warga masyarakat.

Ketika mungkin kondisi nanti meluap warga yang disini mungkin mengungsi ke lokasi yang aman,” pungkasnya. (Suryatno)