Akibat Hujan Deras Tanggul Way Belu Jebol, Pemkab Tanggamus Langsung Gerak Cepat

Tanggamus |Detakmedia.com

Pemerintah Kabupaten Tanggamus memberikan tanggap darurat dengan Jebol nya tanggul penahan air Di Way Belu dusun Sukamandi Pekon Kanyangan, (29 september 2022).

Pada malam hari rabu jam 22:30 tanggal 28/september/2022 tanggul Way Belu yang terletak di dusun Sukamndi pekon Kanyangan kecamatan Kotaagung Barat jebol pasca hujan 4 jam tampa henti, membuat panik warga empat pekon, Kanyangan, Banjarmasin, Belu Negara dan Bathin.

Pasalnya tumpahan air Way Belu dari tanggul yang tergerus jebol sudah mulai masuk ke permukiman rumah warga di empat pekon, sigap tanggap dari Camat Kotaagung barat dan empat Kepala Pekon meminta bantuan Pemerintah Kabupaten Tanggamus untuk memberikan Penanggulangan darurat.

Ada nya informasi dari kecamatan serta pemerintah pekon terkait jebolnya nya tanggul di titik paling ujung pekon Kanyangan, Pemerintah Kabupaten dari dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah langsung bertindak cepat menurunkan alat berat exsafator untuk mengeruk aliran Way belu dan memperbaiki tanggul yang tergerus.

Menurut salah satu warga menuturkan, Kami warga sangat berterima kasih kepada Bupati Tanggamus yang sudah membantu memperbaiki tanggul yang jebol semalam, dengan kedatangan alat berat siang ini, kami disini sangat senang dan tidak merasa was-was lagi kalau hujan turun, “tuturnya Warga.

Di hari yang sama, Camat Kotaagung Barat Firdaus mengatakan kepada awak media, dirinya mendapat informasi lewat telepon dari Kepala Pekon Banjar Masin terkait jebolnya tanggul Way Belu, sehingga dirinya langsung berkoordinasi dengan Tim Bazarnas BPBD kabupaten Tanggamus serta empat kepala pekon, juga dinas terkait dan langsung ke lokasi melihat keadaan sungai.

“Alhamdulilah Pemerintah kabupaten Tanggamus langsung menyikapi dengan emergency menurunkan alat berat exsafator hari ini dengan memberikan Penanggulangan darurat perbaikan penahan air serta aliran sungai,” ungkapnya Firdaus (29/9/22).

Kepala Pekon Kanyangan Syafi’i mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan cepat menurunkan alat berat memperbaiki aliran yang tergerus, serta berharap kepada Pemerintah Kabupaten Tanggamus Bupati Hj, Dewi Handajani SE. MM.

“Supaya dari penanggulangan darurat untuk kedepan bisa memberikan pembangunan permanen di pasang bronjong di pinggir aliran sungai/Way Belu yang bertempat di titik ujung dusun Sukamandi,” harapnya Kakon Syafi,i. (Masri Sp)