Petugas Gabungan Padamkan Si jago Merah yang Melalap Sebuah Rumah Kosong

Banjar | Detakmedia.com

Petugas gabungan dari Polsek Pataruman Polres Banjar Polda Jawa barat dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kota Banjar dan masyarakat ikut membantu memadamkan api.

Si jago merah yang membakar sebuah rumah milik Kanah ( 72 ) di Dusun Priagung Rt 011 Rw 004 Desa Binangun Kecamatan Pataruman Kota Banjar, Senin (03/10/2022) siang.

Menurut keterangan beberapa saksi yang kebetulan tetangga rumah korban, saat itu rumah dalam keadaan kosong, karena pemiliknya sedang pergi ke salah satu rumah tetangga yang tidak jauh dari lokasi kebakaran. Sekira jam 12.10 WIB, saksi membantu korban memberitahu telah terjadi kebakaran di rumah korban.

Sehingga korban pun pulang, dan setibanya di rumah sudah dalam keadaan terbakar di bagian dalamnya. Dan dengan cepat api membakar seluruh bagian rumah.

Kapolsek Pataruman AKP Hadi Winarso, S.Sos, M.H menyampaikan, saat petugas dari Polsek Pataruman datang ke lokasi kebakaran, rumah korban sudah habis dilahap api.

“Menurut warga sekitar, sambil menunggu petugas pemadam kebakaran, warga sudah berusaha untuk memadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun api dengan cepat merembet ke seluruh bagian rumah.

Lokasi kebakaran rumah yang terletak berada di gang sempit, sehingga tidak bisa diakses kendaraan R4 maupun R6 ( Damkar), ” ucap Kapolsek Pataruman.

Lebih lanjut Kapolsek menjelaskan, ” Saat ini kami masih menduga kebakaran terjadi diakibatkan konsleting listrik. Dan diperkirakan kerugian materi sekitar kurang lebih Rp. 50 juta, dan tidak ada korban jiwa,” imbuhnya.

Selanjutnya petugas dari Polsek Pataruman melakukan evakuasi dan pengamanan di seputar lokasi terjadi kebakaran.

Selama kegiatan evakuasi berlangsung, berjalan dalam keadaan aman dan kondusif. (Suryatno)