Danramil Cileungsi Hadiri Forum Perangkat Daerah, Mengkaji Rencana Strategis Perangkat Daerah Kec Cileungsi 2024-2026

Cileungsi | Detakmedia.com

Danramil Cileungsi Mayor Inf Kusnun Anwarudin hadir sekaligus jadi salah seorang narasumber para acara _Forum Perangkat Daerah_ yang digelar Pemcam Cileungsi di ruang rapat kantor Kecamatan Cileungsi Senin 24/10/2022.

Mengusung kajian Rencana Strategis Perangkat Daerah Kecamatan Cileungsi 2024-2024 dihadiri Camat dan sekcam Adhi Nugraha S.STP dan Suryadi S.Sos, Kapolsek Kompol Andry Fran ,S.IK M.Si CHPR, beberapa Kepala Desa, beberapa Kepala UPT, Ketua K3S H. Iwan Setiawan M.Pd, Ketua PGRI Nana Mulyana M.Pd, Babinsa Cileungsi Kidul Peltu Edi Nuryo dan tokoh serta anggota Lembaga lainnya.

Patut disayangkan awak media tidak diperkenankan memasuki ruang rapat bahkan untuk ambil foto, tetapi Info yang didapatkan dari (makalah) bahwa kajian dalam Forum tersebut dilatarbelakangi sebagai pedoman penyusunan Renja PD 2024-2026, juga bentuk perencanaan murni teknokrat untuk mencapai tujuan dan sasaran Kecamatan untuk mendukung pencapaian tujuan dan sasaran Daerah selama belum ada Kepala Daerah yang definitif.

Sementara itu selepas kegiatan Danramil Cileungsi Mayor Inf Kusnun Anwarudin menyapa awak media dan bincang-bincang dengan hangat dan bersahabat mengatakan dalam Forum tersebut dikaji banyak hal menyangkut berbagai aspek baik itu terkait ekonomi, sosial, budaya, agama, keamanan, trantib, permasalahannya dan kajiannya untuk pencapaian dalam kurun waktu tertentu yakni tahun 2026.

“Dari sudut pandang kita, bahwasanya kajian tentang analisa potensi wilayah, analisa potensi pertahanan itu untuk membentuk ruang arah, gerak yang tangguh demi tercapainya kemanunggalan TNI dengan Rakyat di kita (TNI) dikemas dengan nama Sisrendal Binter (Sistem Perencanaan dan Pengendalian Pembinaan Teritorial) ada waktu, ada anggaran dan tentu ada sasaran”, ungkapnya.

Lanjutnya untuk sasaran itu ada Fisik dan Non Fisik, untuk fisik pihaknya mendukung Rencana Tata Ruang Wilayah Pemda dan dari sudut pertahanan kita memberikan masukan masukan kepada Pemda sesuai analisa potensi wilayah sumber daya alam, air dan non fisik soal sumber daya manusia berkarakter Pancasila, jiwa bela negara, cinta tanah air, menghargai keberagaman bhinneka tunggal ika.

Kusnun mengaku untuk tugas pokok TNI sudah diatur sesuai UU no 34 Th 2004 pasal 7 tentang TNI, ada 3 dan salah satu nya yakni nomor 3 adalah Melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan, untuk hal ini ada yang dari luar dan dari dalam.

“Untuk ancaman dan gangguan dari luar, mungkin gak yah…tetapi ancaman dari dalam ini harus diwaspadai. Adanya bibit bibit perpecahan/disintegrasi bangsa harus dilawan, kita harus menghargai perbedaan baik itu suku, agama, budaya dalam bingkai NKRI yang ber Pancasila dan ber Bhinneka tunggal ika, maka dengan persatuan kita akan dapat mencapai tujuan Masyarakat yang adil dan makmur,” tegas Danramil Kusnun Anwarudin. (Tom)