Simak Tempat Perayaan Natal Yang Populer di Indonesia

Jakarta, Detak Media.com

Natal merupakan hari raya yang dinantikan oleh seluruh umat Kristiani. Momentum sakral ini tidak hanya bisa diisi dengan menghias pohon Natal, bertukar kado atau menonton TV film natal saja. Anda juga bisa berkunjung ke beberapa tempat perayaan Natal yang populer di Indonesia dan tentunya memiliki nilai religius.

8 Tempat Perayaan Natal di Indonesia

Berikut tempat perayaan Natal yang bisa menjadi pilihan Anda dan keluarga:

1. Gereja Santo Fransiskus Asisi, Berastagi

Gereja yang diresmikan pada 2005 ini memiliki arsitektur yang menarik. Tampilan depan gereja ini serupa dengan rumah adat Batak yang dilengkapi dengan Rumah Gunung Tirto Meciho. Taman indah dengan tumbuhan cantik membuat gereja terlihat semakin menarik.

2. Gereja Katedral, Jakarta

Gereja ini memiliki nama lain dalam Bahasa Jerman, yaitu De Kerk van Onze Lieve Vrow ten Hemelopneming atau Gereja Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga. Gereja katedral dibangun tahun 1810 dengan arsitektur indah bergaya neo gotik Eropa. Umat Kristen bisa merayakan Natal dengan penuh hikmat dan tenang di sini.

3. Gua Maria Sendangsono, Yogyakarta

Tempat ini berjarak lebih kurang 31 kilometer dari kota Yogyakarta. Di tempat tersebut terdapat satu sumber mata air yang dipercaya masyarakat bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Selain itu, tempat ini juga sering dikunjungi sebagai tempat ziarah dan meditasi. Suasana yang indah dan sejuk bisa membuat orang yang datang dapat beribadah dengan tenang.

4. Gereja Blenduk, Semarang

Gereja ini berlokasi di kota Lama Semarang. Gereja Blenduk dibangun dengan arsitektur bergaya neo klasik yang estetik. Selain untuk beribadah, gereja ini juga sering menjadi destinasi bagi wisatawan. Hal ini dikarenakan sekitar gereja terdapat wisata-wisata lain, termasuk 3D Trick Art Museum dan Pasar Klitikan Kota Lama.

5. Gereja Pohsarang, Kediri

Gereja Katolik ini memiliki perpaduan tradisi Jawa, Tiongkok, Hindu dan Buddha yang kental. Saat Natal dirayakan, pengunjung tidak hanya bisa menikmati keindahannya, namun juga bisa berjalan-jalan menelusuri Tiga Jalan Salib. Selain itu, pengunjung juga bisa bermalam di Betlehem atau pondok Rosario yang biasa digunakan untuk tempat berdoa di Rosario.

6. Gereja Pniel Blimbingsari, Bali

Gereja ini memiliki pesona yang tidak terkalahkan dibandingkan tempat perayaan Natal pada umumnya. Bangunan tempat Ibadah Nasrani ini dibangun dengan bentuk menyerupai Pura. Perpaduan arsitektur bangunan ini mengkombinasikan antara agama Nasrani dengan budaya Bali di Blimbingsari.

Salah satu yang menarik, saat upacara keagamaan dimulai, mereka biasanya akan menggunakan gong dan gamelan.

7. Patung Tuhan Yesus Memberkati, Tana Toraja

Monument ini berupa patung Yesus yang dibangun setinggi 45 meter pada tahun 2013. Patung ini terdiri dari bangunan bawah kandean dulang dengan tinggi 22 meter. Patung Tuhan Yesus ini dibangun di Kota Makale dengan latar belakang Gunung Buntu Burake.

Tempat ini selalu ramai pengunjung, baik untuk beribadah ataupun untuk berziarah.

8. Monumen Yesus Memberkati, Manado

Patung Yesus lainnya yang bisa dikunjungi berada di Manado, yaitu di Citraland Winangun Manado. Patung raksasa ini memiliki latar belakang pemandangan yang indah dan mempesona. Monumen Yesus Memberkati ini dibuat dengan kemiringan 20 derajat yang berdiri kokoh.

Merayakan Natal tidak lengkap rasanya jika tidak mengucapkan selamat Natal dan mengirimkan kartu ucapan natal ke kerabat. Anda bisa membuat kartu ucapan sekreatif mungkin. Selain membuat, Anda juga bisa membeli kartu ucapan Natal di Blibli. Ada banyak pilihan kartu yang bisa Anda pilih.

Anda bisa mempersiapkan rencana perayaan Natal yang sudah tidak lama lagi, baik dengan mengunjungi tempat perayaan Natal, ataupun berkumpul bersama keluarga tercinta.