Upacara HUT Ke-77 PGRI Dan Hari Guru Nasional (HGN) Th 2022 Kec Cileungsi Berlangsung Hikmat

Cileungsi|Detakmedia.com

Sekitar 600 orang Guru yang digelari Pahlawan Tanpa Tanda Jasa dari jenjang Guru Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas ataupun Kejuruan berkumpul melaksanakan Upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT Ke-77 PGRI dengan pasukan Paskibraka siswa/siswi SMAN 2 Cileungsi di halaman Kantor Kecamatan Cileungsi Kab Bogor Jumat 25/11/2022.

Peringatan HGN tahun 2022 ini mengusung tag-line _Guru Bangkit Pulihkan Pendidikan, Indonesia Kuat-Indonesia Maju_ bercermin pada pengalaman kejadian Pandemi Covid-19 yang menuntut pada perubahan teknis dan metode pembelajaran, menjadikan peringatan HGN tahun ini jadi momentum perubahan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kompetensi para pendidik itu sendiri.

Hal ini tersirat dari sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Makarim yang dibacakan oleh Inspektur upacara Suryadi S.Sos Kasi Pol PP Kec. Cileungsi pada peringatan HGN dan HUT PGRI ke-77 yang dihadiri Ketua PGRI cab Cileungsi Nana Mulyana, M.Pd, Waket Tintin Rondasih, M.Pd, Sekretaris Jaja M.Pd serta pengurus dan Satgas PGRI lainnya. Juga tampak Ketua K3S H. Iwan Setiawan, M.Pd dan jajarannya serta para Kepala Sekolah dan para Guru dari jenjang SD, SMP, SMA/SMA yang juga tergabung dalam PGRI Cab Cileungsi.

Lebih lanjut Nadiem menyatakan mungkin para Guru masih ada yang ragu-ragu dalam melakukan perubahan karena perubahan seringkali membuat ketidaknyamanan.

Untuk itu Pemerintah menyiapkan Platform Merdeka Mengajar, para Guru berkesempatan menjadi Guru Penggerak target 50 ribu untuk menghasilkan generasi baru penggerak roda pendidikan dan mewujudkan Merdeka Belajar.

Selepas upacara Ketua PGRI Cab Cileungsi Nana Mulyana M.Pd kepada awak media menyatakan rasa syukur dan apresiasinya kepada seluruh anggota PGRI yang terus berpartisipasi dalam kegiatan- kegiatan PGRI.

“Alhamdullilah terimakasih untuk dukungan anggota PGRI Cab Cileungsi dari kegiatan donor darah, olah raga, hari ini upacara dan finally besok (26/11 red) jalan santai pake seragam _jalan santai,” ujar Nana.

Nana juga mengapresiasi kehadiran peserta upacara dari jenjang pendidik SD, SMP, SMA/SMK sekitar 600 orang dari 1.600 orang anggotanya.

“Harapan kiranya Pemerintah terus memperhatikan dan memberikan yang terbaik untuk para Guru. Khususnya kepada rekan-rekan yang belum P3K supaya dipermudah semua teknis nya dan juga untuk CPNS tahun 2023,” pungkas Nana yang juga Kepsek SDN 01 Cileungsi.

Hal senada diungkapkan Sekretaris PGRI Jaja,M.Pd rasa syukur bahwasanya tahun 2022 ini peringatan HGN dan HUT ke-77 PGRI sudah lebih meriah pasca melewati masa susah pandemi covid,-19. Juga atas dukungan seluruh anggota PGRI dan pihak Kecamatan Cileungsi sehingga semua kegiatan berjalan dengan baik dan besok masih ada jalan santai.

“Memang ditengah kegembiraan hari ini ada saudara-saudara kita yang terkena bencana alam di Cianjur. Untuk hal ini baik K3S dan PGRI melalui sekolah masing-masing menggalang donasi dan bantuan sampai Rabu (30/11-red) nanti dikumpulkan di satu tempat nantinya berkordinasi dengan pihak Kecamatan/Kabupaten untuk penyalurannya ke lokasi,” jelas Jaja saat ditanya terkait kepedulian PGRI Cab Cileungsi. (Tom)