Cegah Perundungan Anak di Lingkungan Sekolah, Binmas Polsek Banjar Sosialisasi Harkamtibmas di Sekolah Dasar

Banjar|Detakmedia.com

Sebagai upaya mencegah terjadinya kekerasan terhadap anak di bawah umur dan bullying yang bisa terjadi di lingkungan sekolah, Unit Binmas Polsek Banjar Polda Jawa barat, melaksanakan sosialisasi dan binluh dalam rangka quick wins dengan mengambil tema “Stop Perundungan/Bulying Di Lingkungan Sekolah” yang dilaksanakan di SDN 1 Banjar, Selasa (29/11/2022).

Dalam kegiatan tersebut diikuti sebanyak 250 siswa/siswi SDN 1 Banjar, dengan materi disampaikan oleh Panit 1 Binmas Polsek Banjar Aipda Yadi Heratriyadi bersama-sama dengan Bhabinkamtibmas Kelurahan Banjar Bripka Ryan Bramandhita.

Dalam kesempatan tersebut, Panit 1 Binmas menyampaikan kekerasan adalah setiap perbuatan terhadap anak yang berakibat timbulnya kesengsaraan atau penderitaan secara fisik, psikis, seksual dan/atau penelataran termasuk ancaman untuk melakukan perbuatan, pemaksaan, perampasan kemerdekaan secara melawan hukum.

Perwakilan dari SDN 1 Banjar menyampaikan ucapan terimakasih dan menyambut baik atas terselenggaranya Sosialisasi Antisipasi Perundungan, Bullying terhadap anak sekolah yang diadakan di sekolahnya.

“Kami dari pihak sekolah mengucapkan terimakasih kepada Bapak Kapolres Banjar yang atas perintah beliau kepada anggotanya untuk melakukan pembinaan di sekolah-sekolah.

Tentunya kegiatan ini sangat bermanfaat sekali, dimana dapat menambah pengetahuan atau wawasan kepada pendidik dan siswa/siswi yang hadir pada kegiatan ini. Tentunya kita sampaikan juga stop kekerasan pada anak, maupun stop kekerasan yang dilakukan oleh pelajar,” ucapnya.

Kapolsek Banjar Kompol Sudi Hartono,S.Sos menyampaikan, sosialisasi dan pembinaan terkait perundungan dan kekerasan anak di sekolah saat ini tengah gencar dilakukan pihaknya.

“Ini merupakan salah satu tugas yang diberikan Kapolres Banjar untuk memberikan pembinaan terhadap anak-anak sekolah. Dimana saat ini kasus kekerasan terhadap anak di bawah umur ada peningkatan.

Sehingga diperlukan sekali pembinaan terhadap anak-anak sekolah. Semoga dengan adanya pembinaan ini, bisa menambah wawasan bagi anak-anak sekolah maupun pendidik. Dan ini sebagai upaya stop kekerasan dan bullying terhadap anak sekolah,” ucap Kapolsek Banjar.

Sementara itu ditempat terpisah Kapolres Banjar melalui Ps Kasubsi Penmas Humas Polres Banjar Aipda Nandi Darmawan,S.H menyampaikan, program pembinaan kepada anak-anak sekolah merupakan penjabaran quick wins Presisi Polres Banjar dengan maksud dan tujuan menambah pengertian dan wawasan kepada siswa siswi dan tenaga pendidik.

“Dengan adanya pembinaan ini, diharapkan kasus kekerasan, perundungan/bullying yang terjadi kepada anak sekolah bisa berkurang atau bahkan tidak ada sama sekali kasus tersebut di Kota Banjar,” ucap Aipda Nandi. (Suryatno)