Kapolres Belitung Timur Pimpin Upacara Gelar Pasukan Operasi Lilin Menumbing 2022

Belitung Timur l Detak media.com
Polres Belitung Timur, Manggar, Polres Belitung Timur melaksanakan Operasi Kepolisian Terpusat dengan Sandi Operasi Lilin Menumbing 2022. Operasi Kepolisian ini diawali dengan Upacara Gelar Pasukan yang dipimpin oleh Kapolres Belitung Timur AKBP Taufik Noor Isya, SIK di Halaman Depan Mapolres Belitung Timur, Kamis (22/12/2022)

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Belitung Timur, Forkopimda Kab Beltim, Danramil Manggar, Danpos TNI AU, Danpos TNI, Kepala Basarnas Kab. Beltim, Kepala BPBD Kab. Beltim, Perwakilan Dishub Kab. Beltim, Perwakilan Jasa Raharja, Wakapolres Belitung Timur, PJU Polres Belitung Timur, serta para Kapolsek Jajaran Polres Belitung Timur dan tamu undangan lainnya.

Pasukan upacara terdiri dari anggota Gabungan TNI, Polres Belitung Timur, Satpol PP, Dinas Perhubungan, BPBD, Basarnas, dan Senkom.

Dalam upacara gelar Pasukan Operasi Lilin Menumbing ini dengan tujuan mengetahui jumlah kuat personil serta peralatan yang digunakan dalam Operasi Lilin Menumbing 2022, dalam upacara gelar Pasukan ini juga Kapolres Belitung Timur didampingi Forkompimda melaksanakan pengecekan pasukan dan kendaraan-kendaraan yang akan digunakan dalam Operasi Lilin Menumbing 2022.

Kapolres Belitung Timur membacakan amanat dari Kapolri yang intinya bahwa Operasi Lilin 2022 yang diselenggarakan oleh Polri ini adalah Operasi terpusat dan secara serentak di seluruh jajaran Polri, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan.

Pada pengamanan Nataru, terdapat berbagai potensi gangguan yang harus diwaspadai
1. Pada sisi kesehatan, kita harus tetap waspada terhadap potensi terjadinya lonjakan Covid-19.
2. Pada sisi keamanan, kemacetan maupun kecelakaan lalu lintas jalan dan penyeberangan antar pulau serta kepadatan pada bandara, terminal dan pelabuhan.
3. Ancaman terorisme juga menjadi potensi gangguan yang serius.
4. Ancaman bencana alam.
5. Pengendalian ketahanan pangan dan BBM.

Kemudian khusus pengamanan ibadah Natal, pastikan setiap lokasi ibadah dilakukan sterilisasi melibatkan TNI, BNPT, Jibom Brimob, K-9 dan Densus 88/ AT. Selain itu, libatkan juga elemen masyarakat termasuk Ormas keagamaan dalam pengamanan ibadah Natal sebagai wujud toleransi beragama.

Pada pengamanan objek wisata, akses jalan menuju objek wisata jangan sampai terjadi kemacetan dengan menyediakan lokasi parkir dan pengaturan jalur keluar masuk yang baik, serta imbau wisatawan agar mematuhi prokes. Khusus objek wisata alam, siagakan tim tanggap bencana guna mengantisipasi terjadinya bencana alam.

Sedangkan pada pengamanan perayaan malam tahun baru, lakukan pengetatan izin kegiatan keramaian dengan melakukan assesmen bekerjasama dengan penyelenggara dan stakeholder terkait, terutama kegiatan-kegiatan yang melibatkan massa dalam jumlah besar. Hal ini guna mengantisipasi potensi kerumunan yang dapat menimbulkan korban.

Diakhir amanatnya, Kapolri mengucapkan “Selamat Natal 2022 dan Tahun Baru 2023”. Semoga cahaya dan cinta kasih Tuhan senantiasa memenuhi setiap relung hati kita, sehingga dapat membawa kebaikan serta optimisme di tahun baru, demi mewujudkan Indonesia Emas 2045 yang kita cita-citakan bersama.

Kapolres Belitung Timur AKBP Taufik Noor Isya, SIK kepada awak media mengungkapkan bahwa hari ini kita sudah melaksanakan kegiatan apel gelar pasukan secara serentak seluruh Indonesia dalam rangka Operasi pengamanan natal dan tahun baru yang melibatkan dari unsur unsur stackholder terkait pemerintahan Kabupaten Belitung Timur

Pada tahun ini kita akan melaksanakan kegiatan pengamanan dimana Polres Belitung Timur membentuk 4 pos. 1 Pos Pelayanan, 1 Pos terpadu, dan 2 Pos Pam, dimana pos terpadu tersebut gabungan dari unsur terkait yang ada.

Seluruh personil jajaran tetap melaksanakan kegiatan untuk pengamanan terutama bagi masyarakat yang akan melaksanakan kegiatan ibadah umat kristiani supaya dapat melaksanakan kegiatan ibadah natal tahun 2022 dengan hikmat” Ucap Kapolres

Kemudian untuk pergantian tahun baru, kita juga akan melaksanakan pengamanan secara maksimal agar semua berjalan dengan lancar, aman dan tertib terhadap masyarakat yang melaksanakan ibadah dan melaksanakan pergantian tahun 2022 ke 2023. Tutup Kapolres

Tomy