SD Negeri 1 Karang Agung Semaka, Melaksanakan Program Gerakan Berantas Buta Membaca dan Matematika (GERTAS TACAKA)

Tanggamus – Detakmedia.com
Dewan guru SD Negeri 1 Karang Agung Kecamatan Semaka mengadakan kegiatan Ekstrakulikuler sebagai implementasi dari surat edaran Bupati Tanggamus Nomor 421.9/1214/20/2023 Tentang Program GERTAS TACAKA.

Kegian ini dilaksanakan setiap hari setelah selesai kegiatan Proses Belajar Mengajar (PBM), yakni untuk kelas rendah (kelas 1-3) dimulai pukul 11.45 sampai 12.15, sedangkan kelas tinggi (kelas 4-6) dimulai pukul 13.00-13.30.

Menurut keterangan dari Bapak Alamin, S.Pd selaku Kepala SD Negeri 1 Karang Agung, bahwa Program GERTAS TACAKA ini sangat membantu sekali bagi siswa yang belum bisa membaca, menulis dan berhitung (CALISTUNG). Sehingga diharapkan dari kegiatan ini peserta didik semakin semangat untuk belajar meningkatkan literasi dan numerasi yang mereka miliki, khususnya bagi yang belum bisa membaca, menulis dan berhitung. Karena ini adalah ilmu pokok yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik untuk bisa dilaksanakan dalam kehidupannya sehari-hari, “katanya Alamin Spd

Masih katanya Bapak Alamin, S.Pd, untuk Program GERTAS TACAKA ini dibagi menjadi dua tim guru yang menangani siswa tidak bisa membaca, menulis maupun tidak bisa matematika masing-masing 4 orang guru, ” jelasnya

Tim guru yang menangani peserta didik tidak bisa membaca dan menulis yakni Ibu Badariyah, S.Pd.I, Sumaini, Sri Wahyuni, S.Pd dan Linawati, S.Pd. Sedangkan guru yang menangani peserta didik tidak matematika adalah Bapak Suparjo, S.Pd, Alibana, S.Pd, Sigit Wibowo, S.Pd dan Jakfar Sidiq, S.Pd, “paparnya Kepala sekolah

Sebelum program GERTAS TACAKA ini dilaksakan oleh SD Negeri 1 Karang Agung, pihak sekolah terlebih dahulu memberikan surat pemberitahuan tentang kegiatan ini kepada wali murid, agar mereka selaku orangtua di rumah juga bisa membantu pihak sekolah dalam mensukseskan program Daerah Kabupaten Tanggamus ini, “ungkap Kepala Sekolah Alamin, S.Pd.

Masih menurut Alamin, S.Pd, menjelaskan, kegiatan dalam Program GERTAS TACAKA, bukan hanya sebatas menangani masalah peserta didik tidak bisa membaca, menulis dan berhitung saja. Namun juga menambahkan dengan kegiatan membaca Al-Qur’an sesuai dengan Tajwidnya.

Namun minggu ini SD Negeri 1 Karang Agung baru melaksanakan untuk bimbingan membaca, menulis dan berhitung. Rencananya mulai minggu depan akan ditambah dengan kegatan belajar membaca Al-Qur’an sesuaai dengan dengan aturan tajwijnya. “Tutup Alamin, S.Pd. (Masri Sp)