Optimalkan CSR PT SBI, Pemdes Nambo Fasilitasi Forum Konsultasi Masyarakat

Kab.Bogor – Detakmedia.com
Untuk mengoptimalkan program CSR PT. Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) pabrik Narogong di Desa Nambo, Kepala Desa Nambo memfasilitasi pertemuan pihak perusahaan SBI dengan pemuka masyarakat Pemdes Nambo di aula Desa Nambo Kec Klapanunggal Kab Bogor Rabu 1/3/2023.

Acara pertemuan bertajuk Forum Konsultasi Masyarakat *Kolaborasi Program Untuk Mendukung Pembangunan Berkelanjutan* dipandu pembawa acara (MC) Maah HMS staf Desa Nambo yang dihadiri petinggi PT SBI antara lain Manager Comrel Nur Lailiyah dan staf lain Suyatno, Adi Setiawan, Sawitri. Dari pemuka masyarakat Desa Nambo tampak Kades Nanang ,SE, Sekdes Enan Sudarman, Babinsa Sertu Sukamdi, Bhabinkamtibmas Aiptu Amir, Ketua BPD Nesin Minda, Kadus, RW, RT, Ketua TP PKK Ida Hasanah (bu Kades), Kasatgas Linmas Misar RM, kurang lebih peserta 30 orang.

Dalam sambutannya Kades Nambo Nanang mengapresiasi dilaksanakannya acara dan mengucapkan selamat datang kepada rombongan dari PT SBI pabrik Narogong di Desa Nambo sebagai bentuk perhatian dan kebersamaan dan kemitraan selama ini dan CSR SBI yang membantu Desa Nambo.

“Terimakasih untuk CSR SBI di tahun 2022 sangat membantu Desa Nambo. Sedikit banyak ada persoalan di Desa nambo, untuk itu adanya acara ini ada solusi, mari kita bangun komunikasi yang baik dan lancar”, ungkap Nanang

Sementara itu Manager Comrel SBI Nur Lailiyah mengatakan kegiatan hari ini menjadi Forum Silaturahmi sebagai tetangga yang baik.
“Program CSR tidak akan optimal kalau tidak ada kerjasama yang baik.
Untuk tahun 2022, pihak perusahaan menyampaikan terimakasih kepada Pemdes dan warga Nambo yang telah kerjasama baik dengan tim perusahaan”, ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut staf SBI Adi Setiawan, memaparkan program CSR tahun 2022 di Desa Nambo yang sudah terlaksana antara lain pembangunan infrastruktur, program SBI cerdas memberikan beasiswa untuk 80 orang anak SMP, SMA, juga program kesehatan, bank sampah.

SBI mandiri ada program Pusaka (perempuan sadar berkarya) juga
Program Sartika Berdaya, ada 4 orang warga berdagang UMKM disupport dalam hal sarana dan prasarananya.

Suasana acara makin hidup saat acara memasuki sesi tanya jawab.
Salah satu Relawan meminta bantuan alat safety seperti topi dll dikarenakan Desa Nambo rawan bencana. Kasatgas Linmas Misar RM mengusulkan bantuan seragam untuk anggota Linmas serta bantuan bank sampah.

Nanang selaku Kades Nambo dengan berbagai pertimbangan dari warganya menyampaikan 6 usulan antara lain:
1. Pengadaan sembako untuk warga
2. Bantuan untuk anak yatim piatu jelang hari raya
3. Bantuan untuk posyandu PMT ada 13 posyandu untuk pemerataan
4. Bantuan untuk Bumdes berupa modal dan pembinaan misal ada kerjasama pemanfaatan limbah perusahaan
5. Pemanfaatan lahan eks tambang bisa ditanami yang menghasilkan ataupun jadi wisata alam.
6. Bantuan berupa barang dijadikan asset Desa misal mesin.

“Usulan ini tetap disesuaikan dengan anggaran yang tersedia yang diharapkan meningkat dan mudah-mudahan menjadi catatan perusahaan SBI”, pungkas Nanang

Ibu Kades Ida Hasanah selaku Ketua TP PKK menyampaikan dari 10 program PKK, pihaknya minimal melakukan 4 program atau 4 Pokja, yang mana butuh pelatihan misal terkait pengasuhan anak untuk kader PKK dan Posyandu untuk hal ini membutuhkan support SBI.

Sebelum acara di tutup dengan Doa , pihak perusahaan SBI membagikan berbagai door prize untuk peserta dengan syarat harus bisa menjawab pertanyaan dengan benar, hal ini jadi memeriahkan suasana pertemuan.
(Tom)