Panitia Pilkades PAW Desa Cileungsi Kec Cileungsi Terbentuk dan Dilantik

Cileungsi. .
Pasca Keluarnya Surat Keputusan Plt. Bupati Bogor 400 10/115/Kpts/Per-UU/2023 tanggal 7 Maret 2023 Tentang Pengesahan Penghentian Kepala Desa Cileungsi H. Beni Sopian yang wafat hari Rabu (1/2/2023) yang lalu, Badan Permusyawatan Desa (BPD) telah melakukan penjaringan calon panitia pada Musdes sebelumnya dan kali ini mengadakan Musdes dalam rangka pelantikan panitia Pilkades PAW Desa Cileungsi di aula Kantor Desa Cileungsi Kec Cileungsi Kab Bogor Sabtu pagi (25/3/2023).

Kegiatan ini dihadiri Ketua BPD Asep Kostiana, Pjs Kades M. Mastur juga Sekdes Supendi, Binwil Satpol PP TB Yudi, Ketua LPM Untung, Wakil MUI Ojak, Bhabinkamtibmas Aiptu Mulyanto, S.H, Sekdes Supendi dan perangkat Desa lainnya juga TP PKK, Tokoh Masyarakat, Kadus, RW, dan RT Desa Cileungsi, serta anggota panitia terpilih Pilkades PAW Cileungsi.

Informasi yang diperoleh diketahui bahwa pada tanggal 21 Maret 2023 telah dilaksanakan Musyawarah Desa (Musdes) untuk menjaring nama-nama Calon Panitia Pilkades PAW atas referensi dari BPD, Kadus dan Pemdes Cileungsi, sehingga terbentuk panitia yang dituangkan dalam Keputusan Musdes Cileungsi No. 149/01/Kpts.BPD/III/2023 sebagai berikut:

1. Dindo Kustaran (Ketua/Anggota)
2. Rudi Saputra (WakiI/Anggota)
3. Hery Juhaeri (Sekretaris/Anggota)
4. Muran Farida (Bendahara/Anggota)
5. Abdul Hoir (Anggota)
6 Andi Buhori (Anggota)
7. Suminta (Anggota)
8. Bambang (Anggota)
9. Bayu Ardianto (Anggota)
10. Supri (Perbantuan)
11. M. Saleh (Perbantuan)

Dalam sambutannya Ketua BPD Desa Cileungsi Asep Kostiana mengharapkan agar setelah dilantik pantia Pilkades PAW bisa mencermati tahapan pilkades dan dilaksanakan secara maraton, karena SK Pemberhentian Kades tertanggal 7 Maret 2023, tetapi baru bisa ditindaklanjuti tanggal 20 Maret 2023.

Sementara itu M. Mastur yang tertanggal l 21 Maret 2023 baru mengemban tugas sebagai Pjs Kades Cileungsi mengharapkan agar panitia Pilkades PAW menjaga kekompakan dan kerjasama, serta meminta dukungan tokoh masyarakat , Kadus, RW dan RT untuk mensukseskan tahapan-tahapan Pilkades PAW sesuai aturan sehingga bisa berjalan lancar sekalipun dilakukan secara maraton.

Camat Cileungsi Adi Nugraha, S.STP yang hadir ditengah berlangsungnya acara karena menghadiri kegiatan lain mengingatkan agar setelah pelantikan hari ini, panitia Pilkades PAW segera membuat RAB Pilkades dan maksimal tanggal 30 Maret 2023 sudah disetujui, sehingga bisa dilakukan sosialisasi dan pengumuman pendaftaran selama 12 hari.

“Tanggal 28 Mei 2023 dilakukan pemungutan suara, dan maksimal tanggal 10 Agustus 2023 sudah dilantik Kepala Desa Cileungsi secara definitif” jelas Adi Nugraha.

Di akhir sambutan-sambutan Ketua LPM Desa Cileungsi Untung juga berpesan agar panitia Pilkades PAW mengikuti tahapan secara seksama agar menjadi Pilkades terbaik di Kecamatan Cileungsi.

Terkait menjaga kondusifitas keamanan di Cileungsi, dan rencana Pilkades PAW, Bhabinkamtibmas Aiptu Mulyanto, S.H. meminta agar menggiatkan kembali Poskamling sekaligus juga mendata warga yang mudik.

Acara berjalan dengan baik dan ditutup dengan pengambilan sumpah dan pelantikan panitia Pilkades PAW oleh Ketua BPD, adapun jadwal atau tahapan Pemilihan Kades PAW selanjutnya ikut sesuai Peraturan Bupati Bogor Nomor 66 Tahun 2020.
(Gultom)