Perkuat Kecintaan Kearifan Lokal, Sekolah SD Negeri Nyalindung Cileungsi Gelar Ekspose Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Th Pelajaran 2022/2023

Cileungsi – detakmedia.com –
Guna menanamkan kecintaan budaya kearifan lokal khususnya Jawa Barat, Sekolah Penggerak SD Negeri Nyalindung Cileungsi menyelenggarakan kegiatan Ekspose Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tahun Pelajaran 2022/2023 di halaman SDN Nyalindung Desa Mampir Kec.Cileungsi Kab.Bogor Kamis (11/5/2023).

Gelaran pentas seni peserta didik SDN Nyalindung tersebut mengusung Tema: “Kearifan Lokal” dengan beragam topik antara lain:
-Topik fase A: mainanku lestari budayaku
-Topik fase B :tarianku warisan budayaku
-Topik fase C mengenal tradisi budaya daerah setempat, dihadiri dengan penuh antusiasme para siswa dan orangtua yang menyempatkan diri menyaksikan kemeriahan acara di bawah bimbingan Kepala Sekolah dan Dewan Guru SDN Nyalindung Cileungsi.

Melalui Ekspose Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila menambah wawasan kebudayaan peserta didik akan tarian adat, permainan tradisional dan tradisi daerah Jawa Barat, merupakan hal-hal yang diharapkan dari gelaran tersebut.

Hal ini diungkapkan salah seorang guru SDN Nyalindung Ratna Sari, S.Pd saat bincang dengan awak media ini di ruang guru SDN Nyalindung. “Memang dalam kurikulum merdeka kita harus melaksanakan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila biasa disebut P5”, ujar Ratna memulai perbincangan.

Lanjutnya kegiatan P5 kali ini dengan tema Kearifan Lokal, dengan kegiatan penampilan tari-tarian daerah khususnya Jawa Barat, peserta didik dilatih untuk mengenal kekayaan budaya lokal supaya mereka sekaligus mencintainya , mereka tumbuh sebagai Profil Pelajar Pancasila dari kemandirian dan prototipenya.

Ratna kembali menegaskan tujuan P5 kali ini bahwa pihaknya ingin menambah wawasan peserta didik tentang budaya daerah melalui pagelaran tarian daerah, permainan tradisional dan tradisi daerah khususnya Jawa Barat.

Adapun beberapa tarian yang ditampilkan peserta didik antara lain tarian:
-Mojang Priangan
-Manukdadali
-Topeng
-Merak
dan beberapa tarian Jawa Barat lainnya.

“Peserta didik yang tampil dalam acara ini ada penilaian oleh beberapa Guru yang bertindak sebagai juri, juga jadi bahan laporan. Dan pemenang diberikan piagam dan plakat”, jelas Ratna.

Ratna juga mengapresiasi antusiasme dan support orangtua murid akan kegiatan P5 ini. “Sampai tadi malam masih ada orangtua murid yang membantu finishing dekorasi untuk penilaian Sesi acara Kelas Impian yang juga hari ini dilombakan dengan juri dari Disdik Kab Bogor, Kemendikbud dan Team Penggerak”, pungkasnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SDN Nyalindung N.Tintin Rondasih, M.Pd bersyukur kegiatan Projek P5 hari ini sudah berjalan baik dari sejak pagi. “Ada acara yang lebih seru lagi setelah ini Kelas Impian Mewujudkan Kelas Yang Nyaman dan Berpihak Kepada Murid, juri Dinas Pendidikan, ujarnya singkat dengan sumringah.
(Tom)