Tingkatkan Semangat, Kontingen Poprov Beltim Kumpul Bersama.

Belitung timur, Detakmedia.com – Ratusan atlet, pelatih, official dan panitia kontingen Pekan Olahraga Provinsi Kabupaten Belitung Timur mengikuti Launching Semangat Menuju Porprov ke VI Kepulauan Bangka Belitung di Halaman Kantor Bupati Beltim, Kamis (15/6/23). Kegiatan ini untuk mempersiapkan semangat kontingen Porprov Kabupaten Beltim selama dua bulan sebelum berangkat ke Bangka Barat.

Kegiatan yang dimulai pukul 07.00 ini, diawali dengan Senam Bersama. Para atlet, pelatih, oficial, panitia kontingen serta pimpinan Pengurus KONI dan Cabang Olahraga saling berbaur dan mengakrabkan diri.

Kemudian acara dilanjutkan dengan Pemberian Motivasi Kepada Atlet. Wakil Bupati Beltim Khairil Anwar selaku Ketua Kontingen Porprov Kabupaten Beltim berpesan kepada atlet agar mempersiapkan fisik dan mental. Sebelum berangkat atlet harus menjaga pola makan seimbang dan rutin berolahraga.

“Tingkatkan kemampuan mental dengan menjaga fokus, motivasi, dan kepercayaan diri. Tetapkan tujuan yang realistis dan jangan ragu untuk berkonsultasi dengan pelatih atau mentor,” kata Khairil.

Khairil ingin agar setiap atlet dan pelatih dapat meningkatkan pengetahuan dan mengusai peraturan cabang olahraga yang diikuti. Terutama, aturan terbaru, kode etik dan menjaga sikap sportif sepanjang Porprov.

“Pelajari tentang cabang olahraga yang akan Anda ikuti dan evaluasi strategi serta teknik terbaru. Persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk menghadapi pesaing dari daerah lain,” ujar Khairil.

Ketua Pengurus Kabupaten PBVSI Beltim ini berharap dengan waktu tersisa ini, atlet dan seluruh kontingen dapat solid dan saling mendukung satu sama lain. Dengan menerapkan nilai-nilai kerjasama, saling menghormati dan sportivitas.

Jadilah anggota tim yang solid dan dukung satu sama lain. Bentuklah ikatan dan hubungan yang baik dengan rekan setim, official, dan panitia kontingen. Bekerjasamalah dengan pelatih dan official untuk mencapai prestasi yang terbaik,” pesan Khairil.

Kegiatan ditutup dengan Touring Motor, yang diikuti oleh Ketua Kontingen, Ketua KONI serta perwakilan Pengurus Cabang Olahraga. Adapun rutenya mulai dari Kecamatan Manggar, Simpang Renggiang, Gantung, Simpang Pesak dan berakhir di Pantai Punai.

Fokus Tanding dan Berikan Yang Terbaik

Sementara itu Ketua KONI Kabupaten Beltim Kamarudin memperkirakan total kontingen Kabupaten Beltim yang akan berangkat ke Porprov Bangka Barat mencapai 368 orang. Kontingen itu terdiri dari 238 atlet, 42 pelatih, 28 official dan 58 panitia kontingen.
Pelaksanaan Porprov VI Bangka Barat akan berlangsung pada 20 hingga 29 Agustus 2023 mendatang. Keberangkatan seluruh kontingen akan menggunakan kapal laut.

Insyallah semuanya sudah siap dan menyatakan komitmen untuk bersama-sama memberikan prestasi yang terbaik dan menjaga nama baik Kabupaten Beltim saat kegiatan Porprov VI mendatang,” kata Kamarudin yang akrab disapa Toyo.

Toyo menyatakan KONI Beltim sudah melakukan seluruh persiapan baik fisik dan mental, agar atlet yang terpilih untuk mewakili Kabupaten Beltim merupakan putra-putri terbaik yang akan mengharumkan nama daerah.

Kita yakin dan percaya dengan persiapan matang yang dilakukan oleh setiap Pengkab Cabor. Pembuktian prestasi mereka, kita nantikan di Porprov mendatang,” ujar Toyo. Terkait bonus bagi atlet yang akan meraih medali, Toyo menekankan bahwa KONI serta Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Beltim akan memastikan seluruh atlet yang berprestasi memperoleh haknya.

Bonus untuk atlet pasti ada, Pemerintah Kabupaten Beltim menghargai kerja keras atlet yang membanggakan daerah. Sekarang atlet kita harus fokus untuk tanding membuktikan prestasinya,” ujar Toyo.Tomy