Kejuaraan Bulutangkis PBSI Beltim Open Se-Babel

Belitung Timur, Detak Media.com

Sebanyak 310 atlet Bulutangkis mengikuti Kejuaraan Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Belitung Timur Open Babel 2023. Seluruh peserta berasal dari klub di Kabupaten/Kota di Provinsi Bangka Belitung.

Bupati Beltim Burhanudin membuka Kejuaraan dengan ditandai dengan pemukulan shutle kok di GOR Utama Komplek Olahraga Dispora Kabupaten Beltim, Senin (19/6/23). Kejuaraan akan berlangsung selama 5 hari.

Ketua PBSI Kabupaten Beltim Sarjano mengatakan kejuaraan diikuti oleh 20 klub bulutangkis yang ada di Provinsi Babel. Setiap Kabupaten/Kota mengirimkan setidaknya satu klub.

“Semua Kabupaten/Kota di Babel ini ikut. Kita menggunakan sistem kompetisi gugur, selama 5 hari sampai ke final,” terang Sarjano.

Pertandingan menggunakan 6 Nomor Kategori Usia, yakni Tunggal Usia Dini, Tunggal Anak-Anak, Tunggal Pemula, Tunggal Remaja, Tunggal Taruna dan Ganda Umum.

“Semuanya untuk Putra dan Putri. Paling banyak peminat di nomor Kelompok Usia Tunggal Pemula Putra yakni 45 orang,” ungkap Sarjano.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Beltim ini menambahkan seluruh atlet yang ikut kejuaraan secara otomatis identitasnya akan tercatat sebagai atlet PBSI Pusat. Mengingat dalam kompetisi ini menggunakan Sistem Informasi PBSI.

“Ini baru pertama kalinya di Provinsi Babel. Jadi yang mendaftar dalam kejuaraan ini masuk datanya ke dalam Sistem Informasi PBSI Pusat,” kata Sarjano.

Ketua Pengurus Provinsi PBSI Babel Johan Daniel mengatakan biasanya kejuaraan yang digelar PBSI Kabupaten/ Kota tertutup untuk atlet yang ada di daerah tersebut. Namun di era kepemimpinannya seluruh PBSI melakukan gebrakan dengan menggelar kejuaraan terbuka untuk atlet seluruh Provinsi.

“Kita buat gebrakan. Kita bisa liat 310 peserta, ternyata animo masyarakat untuk ikut sangat tinggi, dari usia anak-anak sampai yang sudah vetaran ikut,” kata Johan.

Pengusaha asal Bangka itu menyatakan usai kejuaraan ini Pengprov PBSI akan menggelar Kejuaraan tingkat Provinsi di Belitung. Dia pun berharap agar PBSI di seluruh Babel dapat menggelar kejuaran bulutangkis, supaya minat, semangat serta pengalaman tanding atlet terus meningkat.

“Kita ingin saat libur ini diisi dengan kegiatan positif seperti kejuaraan, terutama untuk menambah jam terbang tanding atlet,” ujar Johan.

Pembukaan Kejuaraan Bulutangkis PBSI Beltim se-Open Babel 2023 dihadiri oleh Ketua KONI Beltim Kamarudin, Sekretaris Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Beltim Febby Sandranita, serta  pengurus PBSI dari Kabupaten/ Kota se Babel. (Tomy)