Belitung Timur, Detak Media.com

Desa Kelubi Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur memperingati hari jadinya yang ke 193, bertempat di halaman kantor Desa Kelubi dengan mengadakan berbagai perlombaan selama 3(tiga) pameran bazar suvenir khas, puncak acara pembagian hadiah dan tropi, Rabu(21/6/2023).

Acara Penutupan yang dihadiri Wakil Bupati Beltim Khairil Anwar, Kepala Dinas Pariwisata Evi Nardi, Camat Manggar Heri, anggota DPRD Provinsi Babel Nata Sumitra, Babinsa, babinkamtibmas, Kadus, ketua RT, Matzani mantan Kades, para kepala desa, BPD, mantan kades desa kelubi, Tokoh masyarakat, tokoh adat, pemuda serta undangan lainnya.

Wakil Bupati Belitung Timur Khairil Anwar mengatakan panjang lebar berbagai hal yang ia sampaikan dihadapan para hadirin. Desa kedepannya berharap semuanya tetap sinergi kalau tidak demikian tentunya tidak akan berhasil dengan maksimal untuk membangun Desanya.

Sinergi itu yang paling penting, kalau tidak,  ya tidak mungkin pembangunan akan berhasil dengan baik, artinya program pemerintah Desa kita dorong kita sama-sama, persoalan stanting ayo sehingga apa, kadang-kadang masyarakat kita malu stanting, bukan itu maksudnya namun stanting itu berbagai faktor seperti pola asuh, kurangnya pemahaman cara merawat anak” ujar Wakil Bupati Belitung Timur dengan tegas dihadapan hadirin.

Wakil Bupati Belitung Timur berharap untuk membangun itu butuh kerjasama dengan baik bersinergi satu sama lainnya.

Jangan cuman hari jadi ini dijadikan ceremony saja, paling tidak apa yang sudah kita cetuskan dalam mereka sampaikan program-program. Kabupaten tinggal mendorong suport masyarakat desa dan provinsi dengan pusat bersama saling membangun. Desa maju Desa maju Kabupaten maju, Provinsi maju berarti negara pasti maju itu saja” pungkas Wabup penuh semangat walau dibawa panas matahari menyengat.

Zamroni Kepala Desa Kelubi mengatakan saat ini adalah pertama adalah untuk memberikan inspirasi generasi muda untuk bagaimana mereka punya potensi bisa mengangkat potensi mereka membuat lebih baik dan lebih maju ke depannya nanti.

usia desa Kelubi sudah 193 tahun, Ini adalah hari jadi desa kelubi pertama kali kita adakan  juga yang sudah di sampaikan tadi bahwa untuk mengenang sejarah dan mengenalkan sejarah kepada masyarakat, karena desa yang punya perjalanan panjang” ujar Kades yang sudah priode ini.

Dikatakan Zamroni untuk menggali sejarah desa kelubi ini dengan melakukan berkomunikasi dengan berbagai narasumber.

Salah satu momen untuk mengedepankan desa yang punya potensi apalagi Desa saat ini desa wisata salah satunya inspirasi untuk mengenalkan Desa sendiri untuk lebih dikenal dan lebih memasyarakat regenarasi yang ada di desa untuk mengenal desanya sendiri. kita juga sedang kerja sama dengan UBB (universitas Bangka Belitung) untuk budidayakan ciri khas desa kita yaitu pohon Kelubi untuk kita jadikan Ikon Desa dan produk unggulan suvenir bagi wisatawan,” ungkap Kades penuh yakin. (Tomy)

Loading