Tanpa Identitas Pekerjaan Rabat Beton Jalan Provinsi Kecamatan Cukuh Balak Diduga Tidak Sesuai Spek

Tanggamus | detakmedia.com

Pekerjaan rigid rabat beton Dinas PUPR Provinsi Lampung dengan nilai anggaran milyaran rupiah diduga memakai material pasir tanah dan tanpa adanya papan kegiatan di lokasi kerja kecamatan Cukuh Balak kabupaten Tanggamus, Kamis 6 Juli 2023

Adanya informasi yang diperoleh media dari warga tentang pekerjaan rabat beton jalan provinsi yang berlokasi di Pekon Tanjung Raja kecamatan Cukuh Balak tanpa plang identitas kegiatan, diduga memakai material pasir tanah, serta tidak memakai material besi anyam dasar, empat ukuran material besi dari ukuran kecil sampai yang besar diduga tidak sesuai spefikasi yang sudah ditentukan.

Untuk mendapatkan informasi yang sebenarnya, media ini pun langsung melihat pekerjaan dan meminta keterangan dari warga yang berada di lokasi pekerjaan.

Menurut Warga mengatakan, pekerjaan peroyek ini memakai material pasir tanah, dan harapan saya kalau ada pekerjaan dari provinsi semestinya ada papan kegiatan, supaya warga masyarakat tahu, jadi kalau seperti ini seolah olah masyarakat dibuat tidak tahu, ungkap warga.

Lain lagi menurut Kasim yang rumahnya berada dekat dengan pekerjaan, “Saya merasa agak terganggu karena adanya proyek pekerjaan dan saya pernah dua kali sampaikan namun tidak di respon juga, tuturnya.

Melanjutkan keterangan dari warga, Awak media langsung menemui pengawas pekerjaan yang bernama Rifki, dan mengatakan ke media, “Ya santai minum dulu, saya masih manggil Bahyuti, namun yang datang Mirja.

Rifki sebagai pengawas dari Kontraktor rekanan kerja Dinas PUPR Provinsi tidak bisa memberikan keterangan lebih jelas, hanya mengatakan “kalau papan kegiatan masih di buat dan belum datang, ucapnya Rifki

Dengan adanya pekerjaan tanpa ada papan kegiatan di lokasi kerja, dan adanya dugaan memakai material pasir tanah, serta tidak memakai besi anyaman, serta memakai ukuran besi bervariasi tidak sama, akan membuat kwalitas bangunan cepat rusak yang sudah memakai anggaran negara yang pantastis.

Besi wiremesh sebuah rangkaian besi yang kelihatan seperti lembaran kawat yang sengaja dibuat seolah saling berpotongan satu dengan yang lainnya, karena besi ini memiliki bentuk yang susun, maka seringkali disebut sebagai anyaman besi, istilah anyaman besi berasal dari bentuk besinya yang tampak seperti pola jajaran genjang dan disambung dengan menggunakan teknik pengelasan supaya bisa terikat dan kuat kokoh bangunannya.

Besi wiremesh di pergunakan sebagai penguat atau tulang pada saat pengecoran jalan. (Masri)