Kegiatan Sosialisasi Peran Linmas Pada Pelaksanaan Pemilu tahun 2024 Kabupaten Belitung timur

Belitung timur, Detak media.com

Pada hari Kamis tanggal 30 Nopember 2023 Sekira Pukul 08.30 Wib bertempat di gedung pertemuan H. Thalib Syarif Kantor Camat Manggar telah dilaksanakan Kegiatan Sosialisasi Peran Linmas Pada Pelaksanaan Pemilu tahun 2024 Kabupaten Belitung timur.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh :

– Camat Manggar Bpk. Heri Susanto S.Stp

– Danramil Manggar Mayor Inf. Ihsan

– Kapolsek Manggar Iptu Maman Sulisman, SH

– Kasitibum Kantor Camat Manggar Bpk Reza

– Para linmas di tiap Desa Se- Kecamatan Manggar

Alhamdulillah kita masih diberi kesehatan untuk bisa menghadiri giat sosialisasi sosialisasi peran linmas pada pelaksanaan pemilu 2024

– Saya berharap para linmas yang ada di tiap desa bisa memahami peran dan tugasnya dalam menghadapi pemilu tahun 2024 khususnya di Kecamatan Manggar

– Agar kiranya Linmas dapat membantu TNI-Polri untuk mensukseskan Pemilu tahun 2024.

Danramil Manggar Bpk. Ihsan.

– peran linmas (Perlindungan masyarakat) ada 5 peran penting, yaitu :

1.Membantu keamanan.

2. ketenteraman dan ketertiban masyarakat.

3. Membantu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.

4. ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu.

5. Membantu upaya pertahanan Negara.

– Satlinmas kita memiliki peran besar dalam rangka menjaga stabilitas politik dan penguatan stabilitas keamanan di lingkungan masyarakat oleh satlinmas sebagaimana amanat undang-undang.

– Anggota Satlinmas kita juga harus dipersiapkan menjaga stabilitas politik termasuk persiapan menjaga ketertiban umum saat agenda lima tahunan pemilihan umum.

– Harapannya akan terjamin situasi pelaksanaan Pemilu yang tertib, kondusif, damai, dan aman, termasuk di dalamnya upaya peningkatan partisipasi politik masyarakat.

– Linmas Kita memiliki peran yang besar dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024, karena itu anggota Linmas kita harus dipersiapkan sebaik mungkin menjelang Pemilu ini. Ini salah satu kewenangan kita. Peran linmas untuk turut serta membantu apalagi di tahun politik seperti ini.

c. Penyampaian Kapolsek Manggar Iptu Maman Sulisman. SH

– Satlinmas kita merupakan unsur pendukung kewilayahan yang mampu menunjang ketentraman dan ketertiban umum bagi masyarakat, terutama jelang pemilu 2024, Karenanya satlinmas perlu meningkatkan kewaspadaan dan kemampuan untuk mendeteksi potensi yang mengancam keamanan dan ketertiban.

– Sebentar lagi kita akan mengadakan pemilu dan pilkada 2024, saya berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini bisa menambah wawasan pengetahuan untuk menjadi Linmas yang bertanggung jawab.

– Kita perlu meningkatkan kerukunan agar proses Pemilu dapat berjalan dengan aman dan damai tanpa gangguan, dan masyarakat dapat memberikan dukungan sepenuhnya untuk suksesnya Pemilu ini.

– Terutama buat linmas Desa Buku Limau harus benar-benar memperhatikan TPS nya masing-masing tempat. Karna Desa Buku Limau ini Desa yang di Kec. Manggar yang transportasi nya menggunakan perahu dan jarak tempuh yang lumayan jauh.

– Tujuan yang dicapai antara Polri dan Linmas :

a. Melaksanakan pemilu damai dan sejuk untuk mewujudkan demokrasi yang bermartabat.

b. Memenuhi dan menaati segala bentuk peraturan yang berlaku serta menyelesaikan permasalahan pemilu sesuai dengan kondisi hukum.

c. Menciptakan situasi yang kondusif serta bersinergi dengan TNI-POLRI dalam upaya menjaga stabilitas keamanan.

– Marilah kita saling dukung dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah kita, jangan sampai ada hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi di wilayah kita. Apabila terjadi hal yang menonjol bisa langsung memberi informasi ke bhabinkamtibmas kita di desa masing-masing.(Tomy)