Belitung, Detak media.com

Tanjungpandan – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Safrizal ZA lantik Yuspian SSos MIR sebagai Penjabat (Pj) Bupati Belitung di Gedung Serba Guna Kantor Bupati Belitung, Minggu (31/12/2023).

Pelantikan tersebut sesuai Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Nomor : 100.2.1.3-6620 Tahun 2023, Tentang Pengangkatan Penjabat Bupati Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kegiatan itu dihadiri oleh Forkopimda Babel, Forkopimda Kabupaten Belitung serta tamu undangan lainnya.

Terima kasih atas kehadiran bapak ibu semua, khususnya kepada Bupati dan Wakil Bupati masa jabatan 2019-2024 yang telah berhasil menjalankan tugasnya dengan baik,” ujar Pj Gubernur Safrizal.

Safrizal mengatakan di penghujung hari terakhir tahun 2023, Ia bersyukur dapat bersama-sama melaksanakan pelantikan Penjabat Bupati Belitung untuk masa jabatan sama seperti dirinya, yaitu paling lama satu tahun.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sahani Saleh dan Wakil Bupati Isyak Meirobie. Menurutnya mereka telah berhasil menyelesaikan tugas dan tanggungjawab sebagai Bupati Belitung selama 5 tahun. Ke depannya, di pemerintahan Kabupaten Belitung akan dijalankan oleh Penjabat Bupati yang baru, Yuspian yang merupakan putra kelahiran Pulau Belitung.

Saya atas nama pemerintah dan pribadi mengucapkan selamat dan terima kasih atas waktunya. Saya berharap kepada Pak Sanem dan Pak Isyak tetap bisa memberikan kontribusi bagi kemajuan Belitung,” ujar Safrizal sampaikan pesannya.

Pj Gubernur Safrizal yang juga masih menjabat sebagai Dirjen Bina Adwil di Kemendagri menyampaikan beberapa pesannya kepada Pj Bupati Belitung dalam keterangan tertulisnya, Minggu (31/12).

Pak Bupati yang baru saja dilantik, tugas bapak sungguhlah berat. Fungsi pemerintah banyak. Pertama, melayani, jadilah semangat melayani bukan dilayani. Prinsipnya adalah cepat, tidak beban, ikhlas,” pesannya pada Pj Bupati Belitung Yuspian.

Kedua, lanjutnya adalah fungsi membangun, yaitu melanjutkan apa yang sudah dibangun oleh Bupati sebelumnya, dengan target yang cukup banyak.

Dan ketiga adalah, meningkatkan kemampuan, memfasilitasi masyarakat agar memiliki kemampuan yang semakin meningkat.

Dalam sambutannya, Ia mengingatkan bahwa pemerintah dihadirkan dalam rangka mengatasi masalah, bukan pembuat masalah. Maka perlu mendekat lah dengan semua pihak yang merupakan unsur-unsur masyarakat.

Safrizal memberikan masukan untuk menyelesaikan beberapa tugas, seperti inflasi. Menurutnya perlu diperhatikan ketersediaan barang dengan meningkatkan produksi di tempat sendiri.

Kemudian, distribusi seperti percepat pelabuhan, bandara yang mengalami hambat. Dan selanjutnya, bantuan sosial, lakukan operasi pasar sebagainya.

Pertama mengatasi inflasi. Belitung beberapa kali menempati posisi tertinggi di Indonesia,” tandasnya.

Kedua adalah kemiskinan ekstrem, baginya perlu kenali masyarakat dari rumah ke rumah. Termasuk Stunting, juga menjadi masalah yang harus diselesaikan dengan kecepatan penurunan yang tinggi (cepat). Libatkan para ikatan ibu-ibu yang tergabung dalam BKOW. Karena mereka juga merupakan ujung tombak, maka libatkan mereka,” tegasnya.

Terkait menyambut Pemilu yaitu Pemilihan Presiden dan Legislatif 2024 mendatang, pesannya untuk Pj Bupati Belitung mampu menciptakan kondisi yang kondusif menjelang pelaksanaannya pada 14 Februari 2024.

Mudah-mudahan dilaksanakan dengan penuh kasih sayang, damai, kondusif, adil dan penuh kesadaran,” ajaknya.

Saya sekaligus mengingatkan diri saya sendiri, untuk melaksanakan dengan integritas tinggi, transparansi yang terukur sehingga lancar dalam menjalankan tugas.(Tomy)

Loading