Belitung, Detak media.com

Tahun 2023 telah usai, Bandara H.AS Hanandjoeddin mencatat total pergerakan penumpang di sepanjang tahun 2023 sebanyak 651.052, jumlah ini meningkat sekitar 8% jika dibandingkan dengan pergerakan penumpang di tahun 2022 yang saat itu sebanyak 600.740 pergerakan penumpang.

Tingkat Pemulihan Traffic atau recovery rate pergerakan penumpang di tahun 2023 tercatat diangka 84 % jika dibandingkan dengan tahun 2019 atau periode normal sebelum terjadi Pandemi.

Untuk pergerakan Pesawat di Bandara H.AS Hanandjoeddin selama tahun 2023 tercatat sebanyak 5.132 pergerakan pesawat, turun 8% dari tahun 2022 sebanyak 5.582 pergerakan pesawat.

Untuk angka recovery rate pergerakan pesawat di tahun 2023 terhadap 2019 adalah 65 % dengan On Time Performance (OTP) yang cukup baik di angka 87 %

Executive General Manager Bandara H.AS Hanandjoeddin, Khaerul Assidiqi, mengatakan bahwa kondisi traffic yang terjadi tahun 2023 ini dengan kecenderungan di satu sisi terjadi kenaikan penumpang.

Namun disisi lain menurunnya jumlah pergerakan pesawat mengindikasikan bahwa Load Factor atau Tingkat Keterisian pesawat di tahun 2023 meningkat dengan total keseluruhan Load Factor sebesar 81 %, angka ini terbilang tinggi yang menandakan demand tahun ini memang meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya dengan kondisi masih terbatasnya armada pesawat.

Menjelang tutup tahun 2023 ini dan Awal Tahun baru 2024, Bandara H.AS Hanandjoeddin juga mengadakan kegiatan pelepasan penumpang terakhir di tahun 2023 dan penyambutan penumpang pertama di tahun 2024, Berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata Belitung Timur dan maskapai Lion Air.

“Alhamdulillah, Kegiatan berjalan lancar dan banyak cukup banyak testimoni positif dari penumpang terakhir yang terbang maupun yang datang pertama kali di tahun 2024 ke Bandara H.AS Hanandjoeddin”, ujar Khaerul. Pada kegiatan tersebut, Khaerul Assidiqi melepas langsung para penumpang terakhir tersebut dengan pengguntingan pita untuk simbolis pelepasan penumpang terakhir di tahun 2023 dan juga menyambut Pilot dan Crew serta penumpang pertama yang datang ke Bandara H.AS Hanandjoeddin.

Khaerul juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh Stakeholder  dan Mitra kerja Bandara karena menyadari bahwa pelayanan operasional dan pelayanan terhadap penumpang tidak akan bisa terwujud sepenuhnya tanpa kontribusi dan peran serta setakeholder serta mitra kerja Bandara. H.AS Hanandjoeddin sehingga ke depan perlu menjaga sinergitas dan kolaborasi yang baik dari Bandara H.AS Hanandjoeddin dan para stakeholder Bandara.

Tahun 2023 telah berlalu, banyak pelajaran yang kami ambil sebagai bahan evaluasi agar pelayanan penumpang di tahun 2024 menjadi lebih baik lagi dan tentunya Target-target ke depan lebih menantang seiring meningkatnya ekspektasi dan juga peningkatan Traffic.

Namun kita Optimis industri Penerbangan segera Pulih, salah satu indikatornya bahwa ada rencana penambahan frekuensi dan juga ekspansi maskapai baru yang akan terbang ke Belitung di tahun 2024. Hal ini diharapkan bisa berkontribusi mendorong kemajuan serta pertumbuhan ekonomi khususnya untuk masyarakat Pulau Belitung, tutup Khaerul.(Tomy)

Loading