Sosialisasi Pemilu KPU Kota Manggar Belitung Timur tahapan kegiatan Pemilu 2024

Belitung timur, Detak media.com

KPU Kabupaten/Kota Manggar Belitung Timur bertugas menyampaikan segala informasi dari 18 partai politik, penyelenggaraan pemilu kepada masyarakat.

Penyampaian informasi tersebut dapat dilakukan salah satunya melalui aktivitas sosialisasi yang bertujuan untuk menyebarkan informasi terkait pelaksanaan pemilu, informasi tentang peserta pemilu, dan aturan teknis dalam mencoblos kertas suara, serta transmisi perolehan suara.

Kegiatan sosialisasi merupakan salah satu ruang bagi KPU untuk menggalang dukungan positif dalam menyukseskan penyelenggaraan pemilu. Sabtu (10/02/2024)

Manwansyah (Iwan) ketua KPU kab.Belitung Timur menyampaikan ucapan selamat hari Pers bertepatan 9 Februari 2024 sebagai hari Pers Nasional, kepada seluruh rekan rekan Pers.

Salah satu indikator keberhasilan dalam melakukan sosialisasi adalah kehadiran pemilih dan melakukan pencoblosan kertas suara di hari H pemilu.

Desain strategi dalam meraih dukungan masyarakat dalam pelaksanaan pemilu dan pemilu secara efektif orang dewasa ini adalah dengan memanfaatkan media sosial. Hal tersebut terjadi karena perkembangan media sosial semakin pesat mengingat peran teknologi sudah tidak bisa dilepaskan dari setiap lini kehidupan manusia.

Selain itu, saat ini masyarakat lebih menikmati melakukan komunikasi melalui jejaring online bahkan masyarakat dari semua kelas ekonomi sudah terhubung dengan internet, ucapan iwan.

Lebih lanjut Marwansyah menyebutkan, sebagai lembaga penyelenggara pemilu dan pemilu, KPU memiliki 549 satuan kerja yang tersebar di seluruh Indonesia di mana setiap satkernya memiliki media sosial yang terdiri dari website , twitter, facebook, instagram, tik tok, hingga youtube.

Jumlah tersebut merupakan modal yang sangat besar bagi KPU dalam menjangkau seluruh pemangku kepentingan dan juga masyarakat dari semua golongan guna menyosialisasikan informasi terkait pemilu dan pemilu kepada masyarakat luas.

Ditambah setiap sumber daya manusia yang bekerja di KPU juga memiliki media sosial pribadi masing-masing. Jika KPU dapat mengoptimalkan hal tersebut dalam mengorganisir setiap satkernya dengan menyediakan hastag, template konten, serta menjadwalkan waktu menyajikan di mana setiap orang akan mengunggah konten yang seragam secara konsisten di waktu yang berdekatan, maka besar kemungkinan informasi yang disebarkan oleh KPU menjadi viral atau trending topic.

Sementara Muhammad Tohir (31 Tahunan) pengawas pendataan termuda se-babel viral nya konten kepemiluan di media sosial dapat berdampak pada tersampaikannya informasi kepemiluan kepada masyarakat secara mudah dimana informasi tersebut dapat muncul sewaktu-waktu di beranda media sosial masyarakat.

Salah satu konten interaktif yang dapat dilakukan oleh KPU adalah dengan mengaktifkan fitur-fitur terbaru dari setiap media sosial, seperti membuat video menarik melalui reels di Instagram, stiker polling dan pertanyaan di Instagram, siaran langsung atau live room bersama figur kepemiluan di Instagram dan Facebook, jajak pendapat atau polling di Twitter, serta mengadakan kuis berhadiah yang berkaitan dengan kepemiluan yang dapat meningkatkan keterlibatan dengan masyarakat dalam pelaksanaan sosialisasi yang berakhir pada tingginya angka pemilih yang memberikan hak suara di TPS.

Dengan demikian, informasi terkait pemilu dan pemilu dapat disampaikan secara baik kepada masyarakat, dan KPU dapat mewujudkan salah satu perwujudan kedaulatan rakyat berupa pelibatan langsung masyarakat dalam proses demokrasi, yang dalam hal ini adalah pemilu dan pemilu, tutur Iwan.

Astika divisi utama KPU berharap, kepada rekan rekan media agar partisipasi jangan sampai turun di tahun 2024, dan sosialisasi secara masip. 32 persen milenial pemilih, melibatkan program p5 disekolah sekolah sebagai pembina upacara.

Dalam rapat ini ditetapkan bahwa jumlah TPS reguler di Kabupaten Belitung Timur untuk Pemilu tahun 2024 dengan 3 dapil dsn sebanyak 367 TPS yang tersebar di 7 Kecamatan dengan satlinmas 2 orang tiap TPS, tutur Astika.(Tomy)