Imigrasi Corner di Kantor Camat Manggar Diresmikan    

Belitung timur, Detak media.com

Anggiat Napitupulu selaku Direktur Kerjasama Keimigrasian Pada Direktorat Jenderal Keimigrasian Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia RI meresmikan Imigrasi Corner sekaligus di Kantor Camat Manggar, Kamis (7/3).

Hadir juga dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Mathur, Kapolres Belitung timur AKBP Arif Kurniatan SIK,MM Doni selaku Kepala Divisi Keimigrasian KemenkumHAM Kep. Babel Doni Alfisyahrin dan jajaran Kantor Imigrasi kelas II TPI Tanjungpandan.

Adapun Imigrasi Corner yang berada di kantor Camat Manggar ini merupakan komitmen serius Pemkab Beltim dalam mengupgrade kualitas pelayanan kepada masyarakat atas kerjasama dengan Kantor Wilayah KemenkumHAM Kep. Babel dan

Peresmian Imigrasi Corner ini menandai langkah konkret kita bersama dalam meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat Beltim, terutama dalam hal administrasi keimigrasian,” kata Sekda Beltim Mathur dalam sambutannya.

Inovasi yang diinisiasi pihak Kantor Keimigrasian Tanjung Pandan ini, kata Mathur, dilakukan untuk menghadirkan layanan keimigrasian yang lebih mudah dijangkau oleh masyarakat di Kabupaten Beltim.

Disisi lain, Anggiat Napitupulu menyampaikan apresiasi atas kerja keras dan kolaborasi yang kuat antara Pemkab Beltim dengan Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Babel serta Kantor Imigrasi kelas II TPI Tanjungpandan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam bidang keimigrasiaan.

Di Imigrasi Corner ini siap membantu masyarakat Belitung timur dalam memperoleh informasi dan layanan keimigrasian seperti permohonan paspor, informasi izin tinggal bagi WNA, pencegahan pengiriman calon pekerja migran non prosedural dan pencegahan dini terjadinya tindak pidana perdagangan orang (TPPO) lintas negara,” jelas Anggiat Napitupulu.

Adapun pembentukan imigrasi corner dilakukan melalui penandatanganan Rencana Kerja antara Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kemenkumham Kepulauan Babel dengan Sekretariat Daerah Kabupaten Beltim.

Tujuan dari rencana kerja ini adalah memberikan layanan informasi dan pelayanan keimigrasian dan deteksi dini keberadaan orang asing dan pencegahan terjadinya TPPO serta PMI-NP di Kabupaten Belitung timur.

(Tomy)