Belitung Timur

Pelantikan 35 Anggota PPK Beltim: Sinergi Wajah Baru dan Lama untuk Kesuksesan Pilkada 2024

Belitung Timur, Detak media.com –
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung Timur, Marwansyah dengan didampingi 4 Anggota Komisioner KPUnya yakni Asrikhah, Iskandar, Lenny Septriani dan M.Tahir melantik dan mengambil sumpah 35 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Beltim di RM Fega Manggar pada Kamis, 16 Mei 2024.

Setengah dari anggota PPK pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak ini merupakan wajah baru, menandai langkah penting dalam persiapan Pilkada yang akan berlangsung pada 27 Januari 2025.

Anggota PPK ini akan bertugas selama kurang lebih delapan bulan, mulai dari pelantikan hingga selesainya seluruh tahapan Pilkada Serentak.

Marwansyah mengungkapkan bahwa dari lima anggota PPK di setiap kecamatan, dua atau tiga di antaranya adalah orang baru dalam struktur tersebut.
Kita combain (gabungan-red) antara wajah baru dan lama. Harapan kita agar kapasitas dan kemampuan, baik petugas PPK lama dan baru, semakin baik untuk kesuksesan pilkada kita ke depan,” kata Marwan.

KPU Beltim memastikan komitmen, integritas, dan kemampuan semua anggota PPK melalui serangkaian seleksi ketat yang mencakup administrasi, tes tertulis, dan wawancara.

“Saya yakin mereka akan bekerja dengan sungguh-sungguh, sesuai sumpah dan komitmen yang diucapkan dan mereka tanda tangani, termasuk juga Fakta Integritasnya,” tegas Marwan.

Selain menampilkan wajah baru, KPU Beltim juga memberikan perhatian khusus pada keterwakilan perempuan. Dari 35 anggota PPK yang dilantik, 12 di antaranya adalah perempuan.

“Kita akomodir keterwakilan perempuan untuk menjadi anggota PPK. Ada warna tersendiri dalam setiap pengambilan keputusan dan kebijakan, karena perspektif laki-laki akan berbeda dengan perempuan,” jelas Marwansyah, yang memiliki latar belakang sebagai mantan wartawan.

Sementara itu, Kordiv SDM, Sosdiklih dan Parmas KPU Beltim, Asrikhah mengatakan juga kini anggota PPK yang baru dilantik akan memilih Ketua PPK dan membentuk Sekretariat PPK. Selain itu, KPU Beltim juga tengah merekrut Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa yang masa tugasnya akan dimulai pada Juni 2024 dan berakhir bersamaan dengan tugas PPK.

Pelantikan ini menjadi langkah awal yang strategis dalam persiapan Pilkada Serentak 2024, dengan harapan dapat menjalankan proses demokrasi yang jujur, adil, dan berkualitas.

Kehadiran anggota PPK yang baru dan berpengalaman diharapkan mampu memberikan kontribusi signifikan dalam menyukseskan pesta demokrasi di Kabupaten Belitung Timur.

Turut hadir pada pelantikan antara lain Komisioner KPU Prov Babel Deny, Ketua Bawaslu Kab Beltim Danny Sugara dan juga hadir selaku tamu undangan, antara lain Sekda Pemkab Beltim Mathur Novriansyah, Kapolres Beltim diwakili Kabag Ops AKP Yandri, Kepala Kajari Beltim yang hadir Kasie Intel Kajari Yoyok, juga perwakilan dari 3 matra TNI yakni Perwira Penghubung (Pabung) Kodim Belitung, dari TNI AL dan TNI AU di Beltim, Kantor Kesbangpol, Para Camat dari 7 Kecamatan.***(Tomy)

Loading