Belitung Timur, Detak Media – Kapolres Belitung Timur resmi berganti. AKBP Arif Kurniatan S.I.K., M.M yang telah menjabat selama satu tahun, enam bulan, dan 16 hari, menyerahkan tugasnya kepada AKBP Indra Feri Dalimuthe S.H., S.I.K., M.H. Acara kenal pamit ini digelar di Auditorium Zahari MZ pada Rabu malam (10/7/2024).

Selama masa jabatannya, Arif Kurniatan berhasil membawa banyak pencapaian dan kenangan. Ia mencatat berbagai prestasi, baik di institusi maupun secara pribadi. Salah satu prestasi yang diungkapkan Arif adalah keberhasilan anaknya masuk Akademi Kepolisian, serta peningkatan jumlah bintara dan polwan di Polres Beltim yang menjadi perwira.

“Selama bertugas di sini, banyak berkah yang saya dapatkan, mulai dari anak saya yang masuk ke Akademi Kepolisian, banyak bintara di Polres yang jadi perwira hingga Polwan yang juga jadi perwira. Ini baru terjadi saat saya memimpin,” ungkap Arif.

Di bawah kepemimpinannya, Polres Beltim meraih penghargaan sebagai lima besar Polres terbaik se-Indonesia dan tiga terbaik dalam pengelolaan anggaran di Provinsi Bangka Belitung. Kabupaten Beltim juga diakui sebagai daerah dengan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang paling kondusif.

“Semua itu bukan karena ada polisinya, tetapi karena keinginan seluruh masyarakat dan pemerintah yang selalu menjaga kondisi kamtibmas, apalagi menjelang pilkada ini,” ujar Arif.

Dalam pesannya kepada Kapolres Beltim yang baru, Arif mengingatkan pentingnya menjaga hubungan baik dengan Pemkab, masyarakat, dan seluruh stakeholder yang ada. Ia yakin, dengan program yang lebih baik, Indra Feri Dalimuthe mampu melanjutkan dan meningkatkan prestasi yang telah dicapai.

“Insyallah saya yakin beliau mampu, beliau programnya lebih baik dari saya. Masih banyak PR dari jaman saya yang bisa dituntaskan di jaman kepemimpian beliau,” kata Arif.

Sebelum meninggalkan Kabupaten Beltim, Arif juga meminta maaf kepada seluruh masyarakat Beltim jika selama masa kepemimpinannya banyak kesalahan yang dilakukannya. “Saya minta maaf, selama di sini saya pasti ada berbuat salah baik tindakan maupun ucapan. Salam buat seluruh masyarakat dan keluarga,” ucapnya.

**Bupati Beltim Berterima Kasih atas Dedikasi Arif Kurniatan**

Bupati Beltim, Burhanudin, dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan sinergi yang dibangun oleh Arif Kurniatan selama menjabat sebagai Kapolres Beltim. “Dedikasi dan kerja keras pak Arif kurniatan S.I.K M.M telah membawa dampak positif yang signifikan bagi keamanan dan ketertiban di Beltim. Teriring doa dan harapan, semoga Bapak, senantiasa sukses dalam menjalankan tugas di tempat yang baru,” kata Aan, sapaan Burhanudin.

Aan juga menyatakan bahwa pergantian kepemimpinan ini diharapkan akan semakin meningkatkan prestasi dan kinerja yang selama ini sudah terbina dengan baik. “Mewakili Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Beltim, saya ingin mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bapak AKBP Arif Kurniatan S.I.K M.M yang dengan semangat dan komitmen tinggi telah memimpin dan mengabdi kepada masyarakat Kabupaten Beltim selama masa jabatannya,” ujar Aan.

Selama bertugas di Kabupaten Beltim, Arif Kurniatan dikenal sebagai sosok Kapolres yang bersahaja, sederhana, dan selalu ramah dengan siapa saja. AKBP Arif Kurniatan S.I.K., M.M akan melanjutkan tugasnya sebagai Kabag Dalpers Ro SDM Polda Kepulauan Bangka Belitung.

(Tomy)

Loading