Belitung Timur, Detak Media– Sebanyak 88 anak mengikuti sunatan massal yang diselenggarakan oleh Kejaksaan Negeri Belitung Timur (Beltim) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Beltim dan RSUD Muhammad Zein Beltim.

Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Auditorium Zahari Mz pada Sabtu, 13 Juli 2024, dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa Ke-64.

Kepala Kejaksaan Negeri Belitung Timur, Dr. Rita Susanti, yang didampingi oleh Ketua HBA (Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara) Wika Hawasara, menyatakan bahwa sunatan massal ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Hari Bhakti Adhyaksa.

“Kegiatan sunatan massal sebagai wujud kepedulian kami (Adhyaksa Kejari Belitung Timur) kepada sesama terutama bagi masyarakat Kabupaten Belitung Timur,” ujar Kajari Rita Susanti.

Menurutnya, tujuan dari program ini adalah untuk membantu anak-anak kurang mampu agar dapat disunat tanpa mengeluarkan biaya, memanfaatkan hari libur anak-anak sekolah.

Tema kegiatan ini adalah “Akselerasi Kejaksaan Untuk Mewujudkan Penegakan Hukum Modern Menuju Indonesia Emas.” Selain sunatan massal, Kejari Beltim juga merencanakan berbagai kegiatan lainnya, seperti Bakti Sosial yang akan diselenggarakan pada Kamis, 18 Juli, di halaman Kantor Kejari.

Kegiatan tersebut mencakup pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah, pasar murah, layanan BPJS Kesehatan, serta penerbitan kartu identitas anak bagi seluruh masyarakat Beltim.

Dirut RSUD Muhammad Zein Beltim, dokter Vonny, mengungkapkan bahwa kegiatan sunatan massal ini merupakan hasil kolaborasi dengan Kejaksaan Negeri Belitung Timur sebagai bentuk layanan prima kepada masyarakat Beltim.

“Dalam pelaksanaannya, RSUD Muhammad Zein Beltim mengerahkan para dokter dan sejumlah perawat. Semoga melalui kegiatan khitanan masal ini kami bisa memberikan pelayanan prima untuk masyarakat Beltim di bidang kesehatan,” jelas dr. Vonny.

Kegiatan ini mendapat sambutan antusias dari masyarakat Kabupaten Beltim karena tidak dipungut biaya. Ny. Mardi, warga Desa Padang Mangga, salah satu orang tua peserta khitanan massal, menyatakan kegembiraannya.

“Tahun lalu ingin ikut khitanan massal dari perusahaan timah tapi kuota penuh. Alhamdulillah di Hari Bhakti Adhyaksa ini anak saya dikhitan. Terima kasih kepada Kejaksaan Negeri Beltim dan RSUD Beltim yang telah membantu masyarakat,” kata ibu empat anak ini.

Kegiatan sunatan massal ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat kurang mampu dan memberikan kontribusi positif bagi kesehatan anak-anak di Kabupaten Belitung Timur.***

Tomy

Loading