Belitung timurDetak media.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) menggelar Semarak Hiburan Rakyat di Lapangan Segitiga Kota Manggar, Sabtu (13/7/24) Malam.

Hiburan rakyat ini dalam rangka Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Beltim tahun 2024.

Kegiatan dihadiri oleh Bupati Beltim Burhanudin, Wakil Bupati Beltim Khairil Anwar, Kapolres Beltim AKBP. Indra Feri Dalimunthe, Komisioner KPU Babel Divisi Perencanaan Data dan Informasi Yuli Restu, Komisioner KPU Beltim, Bawaslu, Pimpinan OPD, Partai Politik serta para penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan dan Desa.

Berbagai hiburan mulai dari tarian tradisional, moderen, kolosal hingga penampilan artis ibu kota ditampilkan. Ribuan masyarakat tampak antusias menyaksikan hiburan yang berlangsung selama dua jam ini.

Pada kesempatan ini juga, KPU Beltim meluncurkan maskot Pilkada Serentak Kepulauan Bangka Belitung ‘Si Surong’ dan jinggel Pilkada yakni ‘Bangka Belitung Memilih’.

Ketua KPU Beltim Marwansyah menjelaskan Si Surong terinspirasi dari kereta dorong atau surong di Kepulauan Babel. Di mana kereta ini dipergunakan untuk mengangkut timah atau lada pada jaman dulu.

 

“Si Surong ini memiliki makna dan harapan mendalam bagi KPU Babel dalam Pilkada Serentak 2024 ini. Maskot ini merupakan akronim dari Partisipasi Suara Rakyat Babel,” jelas Marwan.

Marwan mengatakan diadakannya hiburan rakyat malam ini, sebagaimana prinsip demokrasi itu sendiri yakni sebagai acara dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

Hal ini bertujuan untuk sarana sosialisasi dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada tahapan pilkada.

“Melalui kegiatan ini, kami juga berharap dapat membantu masyarakat dan UMKM dalam menjalankan usahanya, serta mampu ikut membantu menggerakkan roda perekonomian di daerah,” kata Marwan.

Suksesnya penyelenggaraan Pilkada 2024 ini tambah Marwan merupakan tanggungjawab semua pihak baik para pihak penyelenggara pemilu, forkopimda, insan pers, dan seluruh masyarakat di Kabupaten Beltim.

“Kepada para kandidat bakal calon bupati dan wakil bupati, serta partai politik pengusung, kami juga berharap agar dapat ikut berperanserta menyukseskan pilkada ini dengan aman, damai serta riang gembira untuk masyarakat kita. Sehingga pilkada Beltim dapat terselenggara secara baik dan berkualitas,” ujar Marwan.

Pilkada Tanpa Kampanye Hitam

Sementara itu Bupati Beltim, Burhanudin dalam sambutannya mengapresiasi langkah KPU Beltim, yang telah menginisiasi kegiatan sosialisasi dalam bentuk yang berbeda dan sangat menarik. Sebagaimana pesta demokrasi, hiburan rakyat dimanfaatkan menjadi media sosialisasi agar mendapatkan hasil maksimal dari tujuan sosialisasi.

Yang mana, tujuan utama dari sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pilkada 2024. Dengan meningkatnya partisipasi pemilih, kita dapat memastikan bahwa proses demokrasi berjalan dengan baik dan menghasilkan pemimpin yang benar-benar mewakili aspirasi rakyat,” ujar Aan sapan Burhanudin.

Aan pun mengajak seluruh elemen masyarakat Beltim untuk proaktif dalam menyukseskan Pilkada serentak ini. Dengan bersama-sama menjaga kondusifitas dan keamanan selama proses Pilkada berlangsung.

Saya minta kepada seluruh pihak untuk tidak menyebarkan isu-isu negatif, kampanye hitam, caci maki terhadap salah satu pasangan calon maupun fitnah baik secara langsung maupun melalui penyebaran di media sosial,” tegas Aan.
Acara puncak ditandai dengan penekanan video tron dari Bupati Beltim dan Ketua KPU Beltim. Acara ditutup dengan penampilan dari artis ibu Kota.

Tomy

Loading